Inilah 7 Tanda Setan Mengganggu Salat Anda dan Sering Kali Salah Satu Rakaatnya Terlupakan

Tanda Setan Mengganggu Salat Anda
Salat

Hajinews.co.id – Salat merupakan salah satu ibadah yang hendaknya dilakukan dengan khusyuk. Namun ada beberapa godaan setan yang selalu menghalangi umat Islam untuk beribadah kepada Allah.

Keadaan ini dapat mengganggu kekhusyukan salat umat Islam. Akibatnya, salatnya bisa jadi tidak sah dan Anda harus mengulanginya hingga benar-benar khusyuk.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Lalu apa saja tanda-tanda setan mengganggu salat seorang muslim? Untuk lebih jelasnya, lihat artikel ini.

Tanda-tanda Salat Diganggu Setan

Umat muslim dianjurkan untuk khusyuk ketika Salat. Namun, kehadiran setan dapat mengganggu kekhusyukan Salat sehingga menjadi buyar. Berikut tanda-tandanya:

  1. Tidak Menghayati Bacaan Salat

Gangguan yang pertama adalah tidak menghayati bacaan Salat. Dalam buku Awas, Ada Setan di Rumah Anda! oleh Ustaz Ahmad Zacky El-Syafa, setan akan membuat pikiran seorang muslim yang sedang Salat menjadi tidak fokus, ibaratnya seperti orang yang sedang mengigau.

“Ibaratnya seperti orang mengigau ketika tidur. Ia memang berkata-kata, berteriak-teriak, namun ketika ia bangun dan ditanya tentang apa saja yang dibacanya maka pasti ia menjawab tidak tahu,” ujar Ahmad Zacky dalam bukunya.

  1. Lupa Rakaat

Gangguan ini kerap dialami oleh banyak umat muslim. Mereka tiba-tiba lupa jumlah rakaat Salat yang telah atau sedang dikerjakan.

Pada umumnya, kondisi semacam ini terjadi saat seorang muslim mengerjakan Salat munfarid, terutama ketika memasuki Salat Zuhur dan Ashar.

  1. Was-was ketika Takbiratul Ihram

Muncul rasa was-was dan ragu ketika takbiratul ihram merupakan salah satu tanda Salat diganggu setan. Selain itu, setan juga mengganggu makmum yang melaksanakan Salat berjamaah. Alhasil, Salat jadi tidak khusyuk dan pikiran kabur.

  1. Teringat Barang yang Hilang

Tanda berikutnya adalah mengingat barang yang hilang. Setan akan berusaha menggunakan tipu dayanya agar umat muslim mengingat suatu barang yang tengah hilang saat sedang Salat.

Setan seolah memberi petunjuk kepada manusia bahwa barang yang hilang terletak di mana. Contoh, kamu lupa menaruh handphone atau lupa meletakkan kunci motor, lalu semua itu teringat ketika sedang Salat.

  1. Tolah-toleh ketika Salat

Menukil buku Panduan Salat Rosulullah 2 oleh Imam Abu Wafa, menoleh ketika Salat juga termasuk tanda-tanda diganggu setan. Menoleh yang dimaksud seperti melihat kanan dan kiri atau melihat ke atas.

Dalam suatu hadits, Rasulullah SAW bersabda jika Salat yang diganggu dengan cara tersebut sudah dicuri oleh setan, “Ini adalah hasil curian yang dicuri oleh setan dari Salat seorang hamba.” (HR Bukhari)

  1. Muncul Rasa Ingin Kentut dan Buang Air Kecil

Seperti kita tahu, kentut dapat membatalkan wudhu seorang muslim ketika akan melaksanakan Salat. Nah, setan juga menggoda manusia yang Salat dalam bentuk keinginan untuk kentut atau buang air kecil, walaupun sudah dilakukan sebelum Salat.

Tentu, kondisi tersebut dapat mengganggu kekhusyukan Salat. Alhasil, Salat menjadi dipercepat hanya karena ingin cepat-cepat buang air kecil atau kentut.

  1. Pandangan Tidak Fokus

Gangguan setan berikutnya adalah membuat pandangan mata menjadi tidak fokus. Maksudnya, mata seseorang justru tertuju pada objek-objek tertentu yang dapat merusak kekhusyukan, seperti motif sajadah, motif mukena, motif sarung, tulisan di baju, hingga merek pakaian yang dikenakan jamaah di depannya.

Cara Rasulullah SAW Mengusir Setan ketika Salat

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW menganjurkan kepada umatnya untuk meludah ke samping kiri sebanyak tiga kali saat diganggu setan ketika Salat.

Dalam riwayat Anas, Utsman bin Abi al-‘Ash datang kepada Nabi Muhammad SAW dan berkata, “Wahai Rasulullah, ada setan yang menjadi penghalang antara aku dan Salatku dan dia mengganggu bacaanku.”

Kemudian Rasulullah berkata, “Itu adalah setan yang bernama Khanzab. Jika engkau merasakan kehadirannya, berlindunglah kepada Allah darinya. Kemudian meludahlah ke samping kirimu sebanyak tiga kali.”

Utsman bin Abi al-Ash berkata, “Selanjutnya aku melaksanakan apa yang telah diperintahkan oleh Nabi. Dan benar, Allah mengusir setan itu dari diriku.” (HR Muslim dan Ahmad dalam Shahih dan Sunan-nya)

Sebagai informasi, Khanzab adalah setan yang bertugas mengganggu manusia ketika Salat. Setan ini akan mengganggu sejak takbiratul ihram hingga mengucap salam.

Mengutip buku Bertransaksi dengan Allah karya Khalid Ahmad Abu Shadi, selama rukun Salat berlangsung, Khanzab senantiasa mengingatkan manusia tentang hal duniawi, meskipun sebelumnya tidak pernah terlintas dalam pikirannya. Bahkan mungkin kamu tidak sadar kalau sudah salam, alhasil Salat menjadi sia-sia.

Demikian penjelasan mengenai tujuh tanda Salat diganggu oleh setan atau disebut Khanzab. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar