Arab Saudi Sering Turun Hujan Jelang Musim Panas, Jemaah Harus Hati-Hati

Arab Saudi Sering Turun Hujan
hujan di Arab Saudi

Hajinews.co.idPusat Meteorologi Nasional (NCM) Arab Saudi memperingatkan akan terjadi hujan lebat dan angin kencang di beberapa tempat pada musim panas ini. Makkah dan Madinah juga menerima curah hujan sedang dan rendah.

Seperti dilansir Saudi Gazette, juru bicara NCM Hussein Al-Qahtani mengatakan bahwa hujan lebat dan deras di kota Jazan merupakan indikator penting realitas kondisi iklim di wilayah Kerajaan.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Al-Qahtani memperkirakan hujan ini akan terus berlanjut di beberapa wilayah. Itu sebabnya bulan ini bahkan dianggap sebagai salah satu bulan dengan curah hujan tertinggi, terutama di dataran tinggi Taif hingga Jazan.

Direktorat Umum Pertahanan Sipil memperingatkan warga untuk menghindari lokasi-lokasi berbahaya seperti lembah, wadi, maupun tempat-tempat yang bisa menampung air, termasuk di jalan raya.

Warga sekitar juga diperingatkan agar senantiasa berhati-hati dalam beraktivitas di tengah hujan dan diminta mematuhi instruksi yang diumumkan melalui berbagai outlet media dan situs media sosial resmi dari pihak berwenang.

Dilaporkan Saudi Press Agency (SPA), pada Rabu (28/8/2024), prediksi cuaca di Kerajaan kemarin mencatat hujan badai berintensitas sedang hingga deras disertai angin kencang melanda wilayah Jazan, Asir, Baha, Makkah dan Madinah.

Akun media sosial X kantor berita tentang Masjidil Haram, Haramain Info, turut membagikan suasana hujan di Masjidil Haram kemarin. Dilihat detikHikmah, Kamis (29/8/2024), Ka’bah masih terlihat dikelilingi jemaah umrah. Beberapa ada yang mengenakan payung di sekitar Ka’bah.

Sementara hujan ringan dan sedang turun di beberapa wilayah Hail, Tabuk, dan Najran. Angin kencang yang bisa memicu gangguan jarak pandang juga disebut bertiup di beberapa wilayah Riyadh dan wilayah Timur.

Hujan lebat yang turun di Arab Saudi bertepatan dengan munculnya bintang Suhail di Jazirah Arab. Munculnya bintang tersebut menandai dimulainya hitungan mundur menuju musim panas.

Selain itu, dampak hujan yang terus menerus melanda Kerajaan membuat beberapa daerah di dataran tinggi ditumbuhi tumbuhan hijau. Musim hujan yang lebat di wilayah Al-Baha misalnya, meningkatkan jumlah pertumbuhan tutupan vegetasi dan alam hijau di seluruh dataran dan pegunungannya.

Tips Umrah di Tengah Hujan

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengingatkan jemaah umrah untuk senantiasa berhati-hati dalam beribadah saat hujan melanda Masjidil Haram. Terlebih, Arab Saudi dilanda hujan deras di beberapa wilayah belakangan ini.

Jemaah diminta berhati-hati saat melakukan tawaf di tengah hujan. Untuk mengurangi risiko terpeleset, jemaah juga diimbau melepas kaus kaki.

Para jemaah bisa menggunakan alas kaki anti licin dan menggunakan payung saat berjalan-jalan di sekitar Masjidil Haram.

Khusus bagi jemaah perempuan, jemaah diimbau untuk senantiasa membawa jas hujan sebagai persiapan untuk ibadah umrah di Masjidil Haram. Jika ada masalah kesehatan, jemaah harus diwajibkan untuk menghentikan ibadah tawafnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *