Siapa Yang Tidak Boleh Makan Pepaya? Berikut 8 Daftarnya

Siapa Yang Tidak Boleh Makan Pepaya?
pepaya
banner 400x400

Hajinews.co.idBuah pepaya banyak mengandung nutrisi dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, sebagian orang sebaiknya membatasi atau menghindari pepaya karena dapat menimbulkan beberapa efek samping.

Jadi siapa yang tidak boleh makan pepaya?

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Ternyata orang dengan kondisi atau masalah kesehatan tertentu sebaiknya menghindari pepaya, termasuk ibu hamil, penderita gangguan ginjal, dan penderita alergi lateks. Untuk lebih jelasnya simak dibawah ini siapa saja yang tidak boleh makan pepaya.

Siapa yang tidak boleh makan pepaya?

Ternyata sebagian orang dengan kondisi medis atau gangguan kesehatan tertentu sebaiknya tidak mengonsumsi pepaya karena dapat mengalami beberapa efek samping, termasuk pada ibu hamil dan penderita alergi lateks.

Dikutip dari Just My Health and Healthy People, berikut hal yang perlu diketahui oleh orang yang tidak boleh makan pepaya.

Orang dengan alergi lateks

Buah pepaya mengandung papain, chymopapain, caricaine, dan kitinase yang merupakan protein pemicu alergi.

Anda yang memiliki alergi lateks perlu menghindari konsumsi pepaya atau produk lainnya yang mengandung pepaya karena bisa mengalami efek samping yang serius.

Orang yang memiliki batu ginjal

Buah pepaya memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang berguna untuk mengatur kadar kreatinin di dalam darah dan mengurangi kram otot.

Namun, konsumsi buah pepaya secara berlebihan justru bisa memperparah kondisi orang-orang dengan batu ginjal karena kandungan vitamin C di dalamnya.

Ibu hamil

Para ibu hamil perlu menghindari konsumsi buah pepaya yang belum matang atau setengah matang karena buah pepaya memiliki kandungan laksatif yang bisa memicu kontraksi.

Sedangkan untuk para ibu hamil yang memiliki riwayat keguguran atau aborsi, perlu menghindari kebiasaan makan pepaya sepenuhnya.

Orang dengan gangguan jantung

Buah pepaya dipercaya memiliki kandungan yang bisa memperlambat irama denyut jantung sehingga akan menyebabkan gejala yang serius, khususnya pada orang-orang dengan gangguan jantung.

Anda yang memiliki gangguan jantung diimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum makan pepaya setiap hari.

Orang dengan gangguan tiroid

Hipotiroid adalah kondisi di mana tubuh tidak bisa memproduksi hormon tiroid yang cukup sehingga memengaruhi pertumbuhan, perbaikan sel tubuh, dan metabolisme.

Makan buah pepaya juga bisa menyebabkan efek samping yang lebih serius jika Anda memiliki gangguan tiroid.

Orang yang minum obat pengencer darah

Buah pepaya memiliki kandungan vitamin K yang dapat memengaruhi pembekuan darah.

Meskipun baik untuk kesehatan, orang-orang yang mengonsumsi obat pengencer darah, seperti warfarin, diimbau untuk menghindari buah pepaya karena bisa mengurangi efektivitasnya.

Orang-orang dengan diabetes

Buah pepaya memiliki indeks glikemik rendah, tetapi orang-orang dengan diabetes perlu memeriksa kadar gula darah setelah makan buah pepaya.

Anda yang mengalami diabetes juga diimbau untuk tidak makan buah pepaya secara berlebihan atau mengonsumsinya bersama dengan makanan tinggi karbohidrat lainnya karena bisa memicu gula darah tinggi, atau hiperglikemia.

Orang-orang dengan gangguan pencernaan

Buah pepaya memiliki kandungan serat yang baik untuk mendukung kesehatan saluran cerna.

Namun, makan buah pepaya secara berlebihan justru bisa menyebabkan diare dan sakit perut sehingga perlu dihindari, termasuk pada orang-orang yang memiliki gangguan pencernaan.

Memahami siapa saja yang tidak boleh mengonsumsi pepaya sangatlah penting sehingga Anda bisa menghindari konsumsi buah ini jika diperlukan.

Selain itu, Anda yang memiliki kondisi atau masalah kesehatan tertentu diimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum makan buah pepaya setiap hari untuk menghindari efek samping yang mungkin muncul.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *