Ini Ciri-Ciri Angin Lembut yang Wafatkan Orang Beriman Menjelang Hari Kiamat

Ciri-Ciri Angin Lembut
Angin /freepik
banner 400x400

Hajinews.co.idOrang beriman tidak akan pernah merasakan kengerian hari kiamat. Sebelum hari kiamat, Allah akan mengirimkan angin lembut yang akan mewafatkan mereka semua.

Inilah salah satu jenis perlindungan Tuhan bagi orang beriman. Allah menjauhkan mereka agar mereka tidak melihat kejadian-kejadian mengerikan di akhir zaman ini.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Sebaliknya, orang-orang yang tidak beriman dan tidak mengimani hari kiamat ini, akan menghadapi peristiwa mengerikan yang akan mengagetkan mereka dan membuat mereka menyesali segala perbuatan buruknya.

Namun penyesalan hari itu tidak ada gunanya, karena pintu tobat telah tertutup. Allah akan membalas semua amalnya pada hari kiamat.

Hadis Rasulullah tentang Angin Lembut

Menukil laman Islami Liputan6.com, hadis dari Nawwas bin Sam’an RA, dalam hadis panjang, Rasulullah SAW menceritakan tentang Dajjal dan turunnya Nabi Isa alaihis salam. Di akhir hadis, beliau bersabda,

فَبَيْنَمَا هُمْ كَذَلِكَ إِذْ بَعَثَ اللهُ رِيحًا طَيِّبَةً، فَتَأْخُذُهُمْ تَحْتَ آبَاطِهِمْ، فَتَقْبِضُ رُوحَ كُلِّ مُؤْمِنٍ وَكُلِّ مُسْلِمٍ، وَيَبْقَى شِرَارُ النَّاسِ، يَتَهَارَجُونَ فِيهَا تَهَارُجَ الْحُمُرِ، فَعَلَيْهِمْ تَقُومُ السَّاعَةُ

“Setelah mereka hidup penuh gelimang dunia, Allah mengirim angin lembut. Angin itu melewati ketiak-ketiak mereka, dan membawa ruh setiap mukmin dan setiap muslim. Hingga yang tersisa adalah manusia terjelek. Mereka melakukan hubungan badan layaknya himar (keledai). Di tengah merekalah, kiamat terjadi. (HR. Muslim 2937).

Berdalil dengan keterangan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di atas, sahabat Abdullah bin Amr bin Ash radhiyallahu ‘anhuma pernah mengatakan,

لَا تَقُومُ السَّاعَةُ إِلَّا عَلَى شِرَارِ الْخَلْقِ، هُمْ شَرٌّ مِنْ أَهْلِ الْجَاهِلِيَّةِ، لَا يَدْعُونَ اللَّهَ بِشَيْءٍ إِلَّا رَدَّهُ عَلَيْهِمْ

“Kiamat hanya akan terjadi pada manusia yang paling jelek. Mereka lebih jelek dibandingkan orang jahiliyah. Setiap doa yang mereka panjatkan, pasti Allah tolak doanya.” (HR. Muslim 1924 dan Ibnu Hibban 6836).

Wanginya Seperti Minyak Misk dan Lembutnya Seperti Sutra

Angin lembut ini ialah angin yang membawa ruh setiap orang yang beriman kepada Allah SWT, di mana baunya wangi seperti minyak misk dan lembutnya selembut sutra.

Hal ini sebagaimana hadits yang diriwayatkan dari Amr bin Ash:

«ثُمَّ يَبعَثُ اللهُ رِيحًا كَرِيحِ المِسْكِ، مَسُّها مَسُّ الحَريرِ، فلا تَترُكُ نفْسًا في قلبِه مِثقالُ حبَّةٍ منَ الإيمانِ إلَّا قبَضَتْهُ، ثُمَّ يَبْقى شِرارُ النَّاسِ، عَليهمْ تَقُومُ السَّاعةُ».

“Kemudian Allah mengirim sebuah angin yang baunya seperti bau misk dan lembutnya seperti lembut sutera, tidaklah ia melewati seseorang yang di dalam hatinya terdapat keimanan meskipun hanya seberat biji benih, kecuali ia pasti akan diwafatkannya. Maka tinggallah orang-orang jahat saja, lalu terjadilah hari kiamat.” (HR Muslim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar