Elektabilitas Kaesang Naik di Jawa Tengah, Cak Imin Tegas: PKB Tetap Dukung Gus Yusuf

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews co id— Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin buka suara soal peluang Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep maju di Pemilihan Gubernur Jawa Tengah atau Pilgub Jateng.

Saat ditanya soal elektabilitas Kaesang yang menguat, Cak Imin enggan berkomentar banyak. Dia menyatakan bahwa PKB konsisten mendukung Muhammad Yusuf Chudlori alias Gus Yusuf untuk bertarung di Jawa Tengah.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Dari awal PKB mengusung Gus Yusuf,” kata Cak Imin kepada wartawan usai menghadiri sidang paripurna di Gedung Nusantara II, Kompleks DPR, Senayan, Jakarta Pusat, 9 Juli 2024.

Adapun elektabilitas Kaesang Pangarep menempati posisi tertinggi dalam Pilgub Jateng berdasarkan hasil survei Indikator Politik Indonesia. Survei tersebut dilakukan melalui metode semi terbuka, dengan menyodorkan 20 nama calon gubernur yang digadang-gadang akan maju di Pilgub Jateng.

Kaesang, anak bungsu Presiden Joko Widodo, memperoleh elektabilitas sebesar 17,7 persen. Disusul Kapolda Jateng Ahmad Luthfi dan mantan Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen yang masing-masing memperoleh 15,6 dan 12,8 persen.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, mayoritas responden memilih nama-nama itu lantaran belum mengetahui nama calon-calon lain. Jumlahnya 20,1 persen.

“Ini yang kami sebut Jawa Tengah medan terbuka,” kata Burhanuddin saat konferensi pers via Zoom, Ahad, 7 Juli 2024.

Ia juga mengungkapkan, sebanyak 9,6 persen responden beralasan memilih nama-nama tersebut sebagai calon gubernur karena berasal dari keluarga tokoh politik ataupun masyarakat. Untuk faktor alasan ini, mayoritas responden menyebut nama Kaesang.

Burhanuddin menyebut, suara pendukung Kaesang kebanyakan berpindah ke Ahmad Luthfi dan Taj Yasin Maimoen, apabila Kaesang tidak maju di Pilgub Jateng. Ahmad Luthfi memiliki elektabilitas 22,9 persen dan Taj Yasin memiliki elektabilitas 27,5 persen.

“Ada kecenderungan Ahmad Luthfi-Taj Yasin yang akan berpasangan. Mungkin itu akan sangat membantu buat keduanya,” ujar Burhanuddin.

Sebab, katanya, kedua nama itu memiliki elektabilitas yang tinggi dibanding calon-calon lain, seperti Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jateng Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul dan Abdul Wachid.

sumber: Tempo

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *