Muhammadiyah Minta Pansus Haji Dibentuk Bukan untuk Sudutkan Menag

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id — Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah berharap tidak ada kepentingan politik di balik pembentukan Panitia Khusus (Pansus) untuk mengevaluasi pelaksanaan ibadah haji tahun 2024.

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti menegaskan, pansus haji tidak boleh dijadikan alat alat untuk menyudutkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Kalau motifnya itu misalnya ada agenda politik untuk menyudutkan Menteri Agama (Yaqut Cholil Qoumas) atau Kementerian Agama, karena hal-hal yang sifatnya personal, saya kira ini harus kita hindari,” kata Mu’ti di kantor PP Muhammadiyah, Jakarta, Kamis (11/7/2024).

Mu’ti mengatakan, Muhammadiyah tidak dalam posisi mendukung atau menolak pembentukan pansus untuk mengevaluasi penyelenggaran haji.

Ia menyebutkan, pembentukan pansus memang merupakan kewenangan DPR RI.

Namun, Mu’ti menekankan bahwa pansus tersebut harus bekerja untuk memperbaiki pelaksanaan ibadah haji.

“Kepentingan yang berkaitan dengan pansus itu adalah untuk kepentingan bangsa dan negara. Jangan ada agenda pribadi yang berkaitan dengan persaingan politik antara Menteri Agama dengan sebagian anggota DPR,” kata dia.

Diberitakan sebelumnya, DPR meresmikan pembentukan Pansus Haji 2024 dalam rapat paripurna pada Selasa (10/7/2024) kemarin.

Pembentukan pansus ini dilakukan karena DPR melihat adanya sejumlah persoalan dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun ini.

Antara lain, pelayanan yang buruh kepada jemaah haji saat berada di Arafah, Muzdalifah dan Mina serta dugaan penyalahgunaan kuota tambahan untuk jemaah haji.

Sumber: kompas

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *