Merinding! Penembakan Donald Trump Menambah Daftar Panjang Sejarah Percobaan Pembunuhan Presiden AS

Merinding! Penembakan Donald Trump Menambah Daftar Panjang Sejarah Percobaan Pembunuhan Presiden AS (Foto istimewa)
banner 678x960

Hajinews.co.id — Peristiwa penembakan Donald Trump saat tengah berkampanye di Bultlet Pennsylvania, Sabtu (13/7/2024) mengingatkan publik pada catatan panjang percobaan pembunuhan presiden Amerika Serikat (AS).

Bahkan, dua presiden AS yang pada akhirnya tewas dibunuh sempat lolos dari percobaan pembunuhan sebelumnya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Pada suatu malam yang panas di bulan Agustus tahun 1864, seorang penembak jitu melepaskan tembakan yang mengenai topi Abraham Lincoln, menyebabkan tengkoraknya hilang beberapa inci. Menurut buku bertajuk “1864: Lincoln at the Gates of History”, peristiwa itu terjadi saat dia melakukan perjalanan sendirian dengan kuda favoritnya “Old Abe”.

Lincoln memang selamat dari percobaan pembunuhan tersebut, namun nyawanya melayang usai ditembak mati oleh John Wilkes Booth, simpatisan Konfederasi yang menentangnya atas penghapusan perbudakan.

Hampir satu abad kemudian, pada tahun 1960, menurut majalah Smithsonian, pensiunan pekerja pos Richard Paul Pavlick menjejali mobilnya dengan dinamit dan berencana menabrakkan kendaraan tersebut ke limosin John F. Kennedy di Palm Beach, Florida.

Pavlick dilaporkan termotivasi oleh kebenciannya yang mendalam terhadap umat Katolik dan keluarga Kennedy, namun urung melancarkan aksinya ketika melihat Kennedy sedang bersama istri dan anak-anaknya yang masih kecil. Pavlick kemudian ditangkap dan dibebaskan tahun 1966, tiga tahun setelah Kennedy dibunuh oleh Lee Harvey Oswald saat mengunjungi Dallas, Texas.

Lantas, siapa saja 12 presiden yang lolos dari percobaan pembunuhan seperti dilansir Business Insider, Minggu (14/7):

1. Andrew Jackson

Pada suatu hari yang berkabut di bulan Januari tahun 1835, Richard Lawrence, seorang tukang cat pengangguran yang percaya bahwa dia adalah raja Inggris Abad ke-15 Richard III, berjalan ke Gedung Capitol.

Andrew Jackson sedang meninggalkan pemakaman seorang perwakilan DPR ketika warga negara Inggris itu berdiri di hadapannya di Portico Timur sambil mengacungkan pistol.

Dia mengangkat pistol ke arah Jackson dan menarik pelatuknya. Tidak terjadi apa-apa.

Lawrence disebut membuang senjatanya dan mengeluarkan pistol kedua lalu mengarahkan ke Jackson. Namun, yang terjadi kemudian dia kembali salah sasaran.

Menurut legenda, Jackson kemudian menyergap Lawrence dan memukulnya dengan tongkatnya. Benar atau tidak, upaya pembunuhan Lawrence tidak berhasil.

Majalah Smithsonian melaporkan bahwa Lawrence dinyatakan tidak bersalah dengan alasan mengalami gangguan jiwa. Dia menghabiskan sisa hidupnya di rumah sakit jiwa.

Seperti yang dilaporkan Time, kemungkinan kedua pistol yang berfungsi sempurna akan gagal menembak adalah sekitar satu dalam 125.000. Kelangsungan hidup Jackson diduga bergantung pada kelembapan udara hari itu.

2. Theodore Roosevelt

Presiden Theodore Roosevelt terselamatkan oleh pidatonya yang panjang setelah seorang pembunuh menembak dadanya dengan pistol kaliber 38 pada tahun 1912.

Pemilik saloon John Schrank disebut mulai menguntit Roosevelt setelah mengalami mimpi tidak biasa.

Menurut buku ‘Killing the President: Assassinations, Attempts, and Rumored Attempts on U.S. Commanders-in-Chief’, Schrank mengaku, “Dalam mimpi saya melihat Presiden McKinley duduk di peti matinya sambil menunjuk pada seorang pria berpakaian biksu yang saya kenali sebagai Theodore Roosevelt. Presiden yang meninggal itu berkata, ‘Inilah pembunuh saya – balas dendam atas kematian saya’.”

Untungnya, Roosevelt membawa catatannya ketika dia ditembak pada 14 Oktober di Milwaukee, Wisconsin — 50 halaman di antaranya, terlipat di saku dadanya di samping kotak kacamata logamnya. Benda-benda inilah yang dilaporkan menyelamatkan nyawa Roosevelt.

Theodore Roosevelt Association menyatakan, Roosevelt tetap melanjutkan pidatonya setelah memberi tahu para pendengarnya bahwa dia ditembak.

Dia menyelesaikan sisa pidatonya dengan peluru di tulang rusuknya, yang tetap ada sampai kematiannya pada tahun 1919.

3. Herbert Hoover

Pada tahun 1928, Presiden Herbert Hoover hampir terbunuh saat mengunjungi Andes.

Kaum anarkis Argentina berusaha meledakkan keretanya, namun calon pembunuhnya ditangkap sebelum dia bisa memasang bom di relnya.

Menurut Perpustakaan dan Museum Kepresidenan Herbert Hoover, setelah mengetahui plot yang digagalkan, Hoover merobek berita halaman depan dari surat kabar agar istrinya Lou Henry Hoover tidak khawatir.

Presiden ke-31 AS itu disebut mengatakan bahwa meskipun dia tidak peduli, “Lebih baik Lou tidak melihatnya.”

4. Franklin D. Roosevelt

Tujuh belas hari sebelum pelantikannya, Franklin D. Roosevelt, turun dari kapal pesiar dan menyampaikan pidato singkat di Miami, Florida, pada tanggal 15 Februari 1933. Seperti yang dilaporkan Chicago Tribune,Wali Kota Chicago Anton Cermak kemudian mendekati Roosevelt untuk berbincang sesaat dengannya.

Saat itulah anarkis Giuseppe Zangara melepaskan tembakan. Roosevelt muncul dari serangan itu tanpa cedera, namun Cermak terluka parah hingga tewas. Terdapat lima lainnya yang juga dilaporkan terluka.

Melansir History, beberapa pria menangkap pelaku dan mungkin akan memukulinya sampai mati jika Roosevelt tidak turun tangan dan meminta massa menyerahkan keadilan kepada pihak berwenang.

Zangara kemudian dilaporkan menyatakan, “Saya tidak membenci Tuan Roosevelt secara pribadi, saya membenci semua pejabat dan siapa pun yang kaya.”

Dia juga mengatakan kepada FBI bahwa sakit perut kronis menjadi alasan tindakannya.

Tindakan ekstrem Zangara mencerminkan kemarahan dan frustrasi yang dirasakan banyak pekerja AS selama Depresi Besar. Laporan mengenai ketenangan Roosevelt selama upaya pembunuhan memenuhi surat kabar keesokan harinya dan banyak berperan dalam memperkuat citra publik Roosevelt sebagai pemimpin yang kuat.

5. Harry S. Truman

Upaya pembunuhan Harry S. Truman terjadi pada tanggal 1 November 1950. Nasionalis Puerto Rico Oscar Collazo dan Griselio Torresola berusaha menyerbu Gedung Blair, tempat Truman tinggal ketika Gedung Putih sedang direnovasi.

Collazo dan Torresola memutuskan untuk membunuh Truman demi menarik perhatian dunia terhadap perlunya kemerdekaan di Puerto Rico.

Torresola dan petugas polisi Gedung Putih Leslie Coffelt tewas dalam serangan itu. Truman meringankan hukuman mati Collazo menjadi hukuman seumur hidup, yang kemudian diringankan lebih lanjut oleh Jimmy Carter pada tahun 1979, sehingga dia mendapat pembebasan bersyarat dan diizinkan kembali ke Puerto Rico.

6. Richard Nixon

Upaya pembunuhan Richard Nixon yang terkenal terjadi pada tanggal 22 Februari 1974. Menurut LA Weekly, Samuel Byck menembak dan membunuh seorang petugas polisi di Bandara Internasional Baltimore-Washington, berlari melewati pos pemeriksaan keamanan, hingga berhasil masuk ke dalam penerbangan Delta ke Atlanta.

Beberapa jam sebelumnya, Byck mengirimkan rekaman ke Washington Postyang merinci rencananya untuk membajak sebuah pesawat dan menabrakkannya ke Gedung Putih, untuk membunuh Nixon.

Begitu berada di dalam pesawat, dia menembak kedua pilot, menewaskan salah satunya, setelah dia diberitahu bahwa mereka tidak bisa lepas landas. Polisi menembak Byck melalui jendela pesawat dan dia bunuh diri sebelum dia ditangkap.

Mengutip History on the Net, Byck adalah seorang pengusaha gagal yang menyalahkan Nixon atas semua kegagalannya.

7. Gerald Ford

Presiden Gerald Ford selamat dari dua upaya pembunuhan berturut-turut di California selama bulan September 1975.

Di taman yang penuh sesak di Sacramento pada tanggal 5 September, Lynette Alice “Squeaky” Fromme anggota dari Manson Family mengeluarkan pistol setelah Ford menjangkau kerumunan untuk menjabat tangannya.

Namun, seperti yang dilaporkan NBC, dia berhasil ditangkap oleh Secret Service. Setelah menerima hukuman seumur hidup, Fromme dibebaskan dari penjara pada tahun 2009, dua tahun setelah kematian wajar Ford.

Hanya beberapa hari kemudian, Sara Jane Moore yang memproklamirkan diri sebagai radikal menembakkan pistol ke Ford di San Francisco pada 22 September. San Francisco Gate melaporkan, tembakan itu meleset berkat upaya mantan marinir Oliver Sipple, yang meraih lengan Moore.

Moore dibebaskan bersyarat pada tahun 2007.

8. Jimmy Carter

Pada 5 Mei 1979, polisi menangkap seorang gelandangan Raymond Lee Harvey di luar Civic Center Mall di LA, 10 menit sebelum Jimmy Carter dijadwalkan memberikan pidato di sana.

Dia memiliki pistol starter. Harvey mengaku menjadi bagian dari sel yang berusaha membunuh Carter, namun karena riwayat penyakit mentalnya, orang-orang yang dia sebut sebagai rekan konspirator kemudian dibebaskan.

John Hinckley Jr., juga mempertimbangkan untuk menembak Carter. Dia menghadiri kampanye pilpres Carter di Dayton, Ohio.

Namun, pada Oktober 1980, Hinckley ditangkap di Bandara Internasional Nashville setelah tiga pistol ditemukan di kopernya pada hari yang sama ketika Carter mengunjungi kota tersebut. Menyusul kemenangan Ronald Reagan pada bulan berikutnya, Hinckley menjadikannya sebagai target baru.

9. Ronald Reagan

Ronald Reagan nyaris kehilangan nyawanya dalam upaya pembunuhan pada 30 Maret 1981.

Seperti yang dilaporkan New York Times,John Hinckley Jr. melepaskan tembakan ketika presiden berjalan menuju limusinnya dari Washington Hilton sekitar pukul 14.30 Waktu setempat. Sekretaris Pers James Brady menderita kerusakan otak akibat serangan itu dan akhirnya meninggal karena luka-lukanya bertahun-tahun kemudian, sementara agen Secret Service Tim McCarthy dan petugas polisi Washington, DC Thomas Delahanty dilaporkan juga terluka.

Reagan tertembak sekali di bagian dada dan menderita pendarahan internal yang serius serta paru-parunya bocor. Dia menerima operasi darurat di Rumah Sakit Universitas George Washington, di mana dia dirawat selama beberapa minggu.

Setelah serangan itu, Reagan tetap mempertahankan selera humornya. Menurut Time, dia mengatakan kepada istrinya, ‘Sayang, saya lupa merunduk’ dan dengan bercanda menanyakan apakah ahli bedah yang akan mengoperasinya adalah anggota Partai Republik.

Hinckley mengaku melakukan penyerangan tersebut untuk mengesankan aktris Jodie Foster yang diintainya. Dia ditahan lalu dibebaskan pada tahun 2016, setelah dianggap tidak lagi menjadi ancaman bagi orang lain.

10. Bill Clinton

Presiden Bill Clinton menjadi sasaran sejumlah rencana pembunuhan selama bertugas di Gedung Putih. Tiga kejadian saja terjadi pada tahun 1994.

Ronald Gene Barbour, menurut New York Times, berusaha membunuh Clinton saat dia melakukan jogging rutin melalui National Mall. Belakangan pada tahun itu, Frank Eugene Corder menabrakkan pesawat bermesin tunggal berwarna merah putih ke halaman Gedung Putih. Corder tewas ketika pesawatnya menabrak dahan pohon magnolia yang ditanam oleh Andrew Jackson dan berhenti di tumpukan reruntuhan dua lantai di bawah kamar tidur keluarga Clinton yang tidak berpenghuni.

Sebulan kemudian pada bulan Oktober, menurut Los Angeles Times, Francisco Martin Duran memasukkan catatan bunuh diri ke dalam sakunya dan melepaskan banyak tembakan ke halaman utara Gedung Putih. Sekelompok turis berhasil menciduk Duran dan dia ditangkap.

Upaya pembunuhan kemudian terjadi di luar negeri, selama kunjungan Clinton ke Manila pada tahun 1996. Sebuah bom ditemukan di bawah jembatan yang dijadwalkan dilalui iring-iringan mobil presiden. Rencana pengeboman tersebut, menurut Telegraph,tampaknya didalangi oleh Osama bin Laden.

11. George W. Bush

Robert Pickett, mantan pegawai Internal Revenue Service dengan riwayat penyakit mental, menembakkan beberapa peluru ke Gedung Putih pada Februari 2001, sebelum seorang agen Secret Service menembak lututnya. Presiden George W. Bush saat itu sedang berolahraga di kawasan Gedung Putih.

Pickett dirawat di lembaga psikologis Biro Penjara selama dua tahun setelah kejadian tersebut.

Pada tahun 2005, percobaan pembunuhan lainnya kembali terjadi.

Bush dan Presiden Georgia saat itu Mikheil Saakashvili muncul di muka publik pada tahun 2006 di Tbilisi. Dalam kesempatan tersebut, menurut Washington Post, warga negara Georgia, Vladimir Arutyunian, melemparkan granat tangan aktif ke arah presiden dan pejabat lainnya. Namun, tidak meledak.

Saputangan yang diikatkannya di granat disebut menghalangi tuas pengaman granat. Arutyunian membunuh seorang agen Georgia selama penangkapannya. Dia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup karena upaya pembunuhan tersebut.

12. Barrack Obama

Saat Barack Obama masih menjadi kandidat presiden pada tahun 2008, dua penganut supremasi kulit putih bernama Paul Schlesselman dan Daniel Cowart bersekongkol membunuh 102 pria Afrika-Amerika — sambil berkendara dengan mobil yang bertuliskan “Klakson jika Anda mencintai Hitler” di atasnya.

Konspirasi mereka akan mencapai puncaknya dengan pembunuhan Obama. Seperti yang dilaporkan CBS News, polisi mengungkap plot rinci dan menangkap keduanya jauh sebelum mereka hampir melancarkan pembunuhan besar-besaran tersebut.

Kemudian, pada tahun 2011, menurut Washington Post, Oscar Ramiro Ortega-Hernandez melepaskan tembakan ke Gedung Putih setelah mengklaim bahwa Obama anti-Kristus. Dia menabrakkan mobilnya saat melarikan diri dan kemudian ditangkap serta dijatuhi hukuman 27,5 tahun penjara.

Keluarga Obama tidak berada di Gedung Putih pada saat penembakan terjadi.

Pada April 2013, surat yang ditujukan kepada Obama dinyatakan positif mengandung risin, racun yang mematikan. Politico menyebutkan bahwa James Everett Dutschke dijatuhi hukuman 25 tahun penjara karena plot surat risin.

Kemudian, pada tahun 2015, CNNmelaporkan bahwa tiga pria – Abror Habibov, Abdurasul Juraboev, dan Akhror Saidakhmetov – ditangkap setelah berencana membunuh Obama dan mengebom Pulau Coney, dalam upaya mereka bergabung dengan ISIS.

Sumber: Liputan6

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *