Pantun Bamsoet Bikin Sidang MPR Penuh Optimisme

Bambang Soesatyo ketika memimpin sidang MPR dengan agenda Pelantikan Presiden dan Wapres 9dok).
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Ketua MPR Bambang Soesatyo memang ccpk memimpin sidang pelantikan Presiden dan wakil presiden Ahad 20 Olktober 2019. Salah satu yang membuat banyak pujian dan optimisme adalah pantunnya yang sangat mengena.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Setidaknya ada enam pantun yang diucapkan pria yang karib disapa Bamsoet. Suasanya sidang pun jadi cair.

Pantun pertama dilemparkan Bamsoet soal kehadiran Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Ia mengapresiasi kedatangan mantan pesaing Jokowi dalam Pilpres 2019 itu.

“Dari Teuku Umar ke Kertanegara, dijamu nasi goreng oleh Ibu Mega. Meski Pak Prabowo tak jadi kepala negara, tapi masih tetap bisa berkuda dan lapang dada,” demikian luncuran pantun Bamsoet dan disambut tepuk tangan hadirin termasuk Prabowo yang mengangkat lebih tinggi tangannya sambil menegakkan badan di tempat duduknya.

Bamsoet pun kembali berpantun ketika ia menyampaikan salam perpisahan kepada Jusuf Kalla yang mengakhiri jabatan sebagai Wapres 2014-2019. Namun, berbeda dengan pantun yang diberikan kepada Prabowo, untuk JK disampaikannya dalam bahasa Bugis yang merupakan suku bangsa asal sang wapres.

“Saya sengaja menyampaikannya dalam bahasa Bugis yang artinya kurang lebih sebagai berikut ‘buah nangka buah durian tak dapat dijadikan minuman, sungguh besar pengabdian tak sanggup ditatar kebaikanmu’,” ujar Bamsoet.

Bukan hanya Bamsoet yang menyampaikan pesan tersendiri kepada JK menggunakan bahasa Bugis. Jokowi yang kembali dilantik pada Minggu ini pun mengucapkan terima kasih kepada JK yang mendampinginya selama periode 2014-2019 menggunakan bahasa Bugis. Bukan pantun yang diucapkan Jokowi, melainkan pepatah.

“Pura babbara’ sompekku/ Pura tangkisi’ golikku/ Layarku sudah terkembang/ Kemudiku sudah terpasang/ Kita bersama/Menuju Indonesia maju!!!//” demikian luncuran pepatah Bugis yang diucapkan Jokowi saat pidato perdananya sebagai Presiden 2019-2024 di MPR tersebut.

Sejam berlalu, Bamsoet kembali melanjutkan pidato. Sesaat sebelum menutup sidang paripurna pelantikan presiden-wakil presiden, lagi-lagi ia melemparkan pantun. Bukan hanya satu, setidaknya empat sekaligus ia lontarkan.

“Bernyanyi berdendang sambil gembira,tanda hati sedang bersukacita. Jika berkuasa jangan lupa karena rakyat kita dipercaya,”  kata Bamsoet.

“Jalan-jalan ke Gunung Jati, singgah di pasar beli kemiri. Kita semua siap mati, demi mempertahankan NKRI.”

“Terbang tinggi burung merpati, hinggap lama di pohon Mahoni. Kami titip NKRI pada pak Jokowi agar rakyat hidup dalam harmoni.”


Pantun itu membuat riuh tamu dan hadirin. Sidang umum MPR berakhir dengan optimisme. (fur).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *