Nadiem Makarim, Tokoh Paling Dicari via Google

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim. (Foto: Istimewa)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jakarta, hajinews.id-Selain mengungkap pencarian paling populer di Indonesia sepanjang tahun 2019, Google juga membaginya berdasarkan kategori. Kategori tersebut, antara lain, Tokoh, Kepergian Tokoh, Peristiwa Nasional, Lagu, Apa Itu, Bagaimana Cara, Resep, dan Film.

Untuk kategori Tokoh, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim berada sebagai tokoh yang paling dicari sepanjang 2019. Selain Nadiem, beberapa nama populer lainnya juga banyak dicari pada kategori tersebut seperti Edhy Prabowo, Wishnutama, Thareq Kemal Habibie, Sandiaga Uno, dan Wiranto.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Head of Marketing Indonesia, Filipina and SEA NBU Google, Veronica Utami menyampaikan, trending search bukan hanya berdasarkan pada topik apa yang paling banyak dicari saja, melainkan yang memiliki peningkatan paling signifikan.

Baca Juga: Nasihat Dosen untuk Nadiem yang Pakaiannya Kurang Beradab

“Trending search adalah topik dengan peningkatan penelusuran paling tinggi dalam periode berkelanjutan sepanjang tahun ini dibandingkan tahun lalu,” ujarnya di acara Google Year In Search 2019 di Jakarta, Rabu (11/12).

Untuk Nadiem yang tiba-tiba muncul sebagai orang yang paling dicari sepanjang tahun 2019 kategori tokoh, Veronica menyebut bahwa bisa jadi nama Nadiem mencuat setelah dirinya dipilih sebagai Mendikbud oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum lama ini.

Dia menjelaskan, Year In Search itu berdasarkan penelusuran yang trending. Artinya terjadi kenaikan yang signifikan secara berkelanjutan dibandingkan dengan 2018.

“Artinya jumlah penelusuran untuk Nadiem itu meningkat. Relevansi dengan dia yang jadi Menteri? Bisa jadi, karena kan itu merupakan peristiwa yang paling berkaitan dan berbeda tahun ini terhadap tokoh yang bersangkutan,” terang Veronica.

Dia melanjutkan, faktor-faktor yang berkaitan dengan orang yang bersangkutan membuat seseorang atau topik tertentu bisa mencuat sebagai pencarian populer. Tidak hanya Nadiem, tapi ada Wishnutama dan tokoh lainnya seperti sudah disinggung di atas.

Baca Juga: Lagi, Kritik Pedas Buat Nadiem Makarim

“Ada berita, ada peristiwa yang berkaitan dengan orang yang bersangkutan yang membuat orang tertarik untuk mencari tahu, kenapa sih dia,” tandas Veronica.

Untuk kategori Tokoh dalam pencarian paling populer di Google sepanjang 2019, berikut nama-nama yang paling banyak dicari.

  1. Nadiem Makarim
    2. BTS
    3. Edhy Prabowo
    4. BlackPink
    5. Wishnutama
    6. Thareq Kemal Habibie
    7. Reino Barrack
    8. Syahrini
    9. Sandiaga Uno
    10. Wiranto

Di Google Year In Search 2019 kali ini juga ada yang menarik. Google kini memasukan kategori baru dalam pencarian paling populernya yakni Kepergian Tokoh atau tokoh yang meninggal dan banyak menjadi pembicaraan selama 2019. Untuk Kepergian Tokoh, berikut daftar pencarian populernya.

  1. BJ Habibie
    2. Ani Yudhoyono
    3. Sutopo Purwo Nugroho
    4. Muhammad Arifin Ilham
    5. Sulli
    6. Goo Hara
    7. Cecep Reza
    8. Robby Tumewu
    9. Alfin Lestaluhu
    10. Afridza Munandar

(wh/jawapos)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *