Tips agar Anak Tak Kecanduan Gadget

Foto-Foto: shutterstock
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jakarta, hajinews.id-Ibarat dua sisi mata pisau, gadget memberikan manfaat dan memberikan dampak negatif jika digunakan secara berlebihan. Misalnya, gadget bisa membuat anak menjadi kecanduan.

Jika sudah kecanduan, maka hal ini akan mengganggu kesehatan anak baik secara fisik maupun psikologis.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ada trik agar anak tidak kecanduan gadget. Dan tak ada salahnya jika diterapkan orangtua di rumah.

Buat Peraturan

Cara agar anak tidak kecanduan gadget adalah dengan membuat peraturan untuknya dalam menggunakan gadget. Ayah atau ibu bisa menetapkan waktu dan durasi yang cukup untuk anak saat bermain gadget.

Jangan biarkan anak terlalu sering berinteraksi dengan gadget. Jika dilakukan secara rutin dan konsisten maka anak akan terbiasa.

Pantau Apa yang Anak Lakukan dengan Gadget

Cara agar anak tidak kecanduan gadget adalah dengan memantau apa saja yang dia lakukan saat memainkan gadget. Hal ini dapat memudahkan orangtua untuk mengontrol penggunaan gadget anak.

Jika merasa ada kegiatan yang tidak terlalu penting untuk dilakukan, orangtua bisa mencegahnya sehingga anak tidak terlalu bergantung pada gadget.

Melakukan Pendekatan pada Anak Saat Bermain Gadget

Cara agar anak tidak kecanduan gadget adalah dengan melakukan pendekatan pada anak saat bermain gadget. Orangtua dapat bermain game atau melihat film bersamanya dengan menggunakan gadget.

Selain dapat mengontrol apa yang dia lakukan dengan gadgetnya, orangtua juga bisa sekaligus membangun hubungan baik dengan anak. Saat melakukannya, bisa menyelipkan sedikit obrolan tentang pentingnya untuk mengurangi penggunaan gadget.

Alihkan dengan Kegiatan Lain

Cara agar anak tidak kecanduan gadget adalah dengan mengajak anak untuk melakukan kegiatan lain. Penggunaan gadget secara berlebihan dapat disebabkan oleh anak yang merasa kesepian di rumah.

Beberapa anak menganggap gadget sebagai teman yang dapat memberikan hiburan padanya. Untuk itu orangtua bisa mendaftarkannya pada kegiatan tertentu atau mengajaknya melakukan kegiatan lain bersama-sama yang dapat mengalihkan perhatian anak dari gadget miliknya.

Beritahu Anak tentang Kelebihan dan Kekurangan dari Penggunaan Gadget

Cara agar anak tidak kecanduan gadget adalah memberitahu secara langsung tentang kelebihan dan kekurangan dari penggunaan gadget. Orangtua bisa memberikan pengetahuan baru yang mungkin tidak dia ketahui tentang bahaya dari penggunaan gadget berlebihan.

Jangan lupa untuk menyertakan contoh nyata yang dapat membuat anak lebih memahami penjelasan yang diberikan. Dengan begitu anak akan lebih memahami bahwa penggunaan gadget tidak boleh terlalu berlebihan. (wh/dream)

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *