Tak Melulu karena Genetik, Diabetes Bisa Disebabkan Faktor Ini

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jakarta, hajinews.id-Penyakit diabetes, tak melulu disebabkan karena faktor genetika. Di antara banyak penyebab, faktor sosial juga menjadi salah satunya.

Pengaruh lingkunagan menyebabkan potensi terkena diabetes lebih besar, baik bagi mereka yang secara genetik rentan mengidap penyakit tersebut maupun tidak.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

” Yang memiliki keturunan diabetes tipe satu pun hanya akan jadi masalah kalau masyarakatnya kelebihan makanan kurang sehat,” ujar Sosiolog Universitas Indonesia, Roby Muhamad, dalam konferensi pers Sun Life Resolution Run 2020 di Kuningan City, Jakarta Selatan, Selasa (7/1).

Roby menambahkan, diabetes berhubungan dengan kondisi sosial. ”Apalagi, diabetes tipe dua. Menurut penelitian, hampir semua keputusan individu dipengaruhi orang lain. Jadi, bukan hanya penyakit menular saja yang bisa menular. Diabetes juga bisa karena perilaku kesehatan,” papar dia.

Baca Juga: Tips agar Penderita Diabetes Panjang Umur

Oleh karena itu, dibutuhkan lingkungan sehat agar efektif memerangi diiabetes maupun penyakit lainnya.

“Percuma, dia berperilaku sehat kalau teman-temannya tidak. Perilaku itu menular. Makanya, yang ditarget sebaiknya jangan individu, tapi komunitas,” terangnya.

Pembentukan komunitas ini dapat menghadirkan keakraban seseorang yang ingin hidup sehat. Sehingga, anggotanya tidak merasa digurui atau menggurui ketika bertukar kritik dan saran.

Dengan cara ini, seseorang akan lebih mudah mencerna dan menjalani hidup sehat. Kegiatan yang bisa dilakukan oleh komunitas pun beragam. Tidak hanya seminar yang monoton, anggotanya juga bisa melakukan workshop, seperti demo masak makanan sehat.

“Kami berusaha menekankan dengan cara yang menyenangkan, seperti demo masak. Bagaimana cara bikin makanan sehat dengan cara menyenangkan, memilih makanan, mengubah paradigma rasa makanan sehat dan lain-lain,” tutur Rudy Kurniawan, Pendiri Komunitas Sobat Diabet. (wh/dream)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *