HMI Menjadi Titik Perjumpaan Umat dan Bangsa

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh MHR. Shikka Songge

Mewakafkan diri untuk perkaderan atau melakukan proses kaderisasi HMI, yaitu mendidik segelintir orang yang terseleksi dan terdidik dari anak anak umat, agar mereka menjadi terpelajar, dan berkomitment pada visi dan misi serta bertanggug jawab menghantarkan organisasi mencapai tujuan. Tugas peradaban ini hanya dapat dicapai bila dilakukan dengan sebuah komitmen ideologis yang kuat.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Problema umat dan kebangsaan dewasa ini nyaris tak terbaca dengan nalar dan narasi akal sehat, karenanya membutuhkan kehadiran generasi HMI yang memiliki kualifikasi iman, ilmu dan akhalaq sehingga memiliki ketangguhan untuk mengelaborasi diri menjadi magnetik yang menjahit karya kesebangsaan kita. Oleh sebab itu proses kaderisasi HMI tidak boleh dilaksanakan hanya sekedar program temporal, apalagi sekedar hanya untuk mencapai target yang bersifat kuantitatif semata. Melainkan perkaderan HMI harus dilakukan dengan sipirit misi suci, yaitu misi  transformasi peradaban bangsa.

Dengan begitu dari rahim HMI akan terlahir kader kader peradaban dari seluruh cabang di tanah air yang genuin, militan dan otentik. Yaitu kualitas kader seperti halnya seorang mujahid (pejuang), mujtahid (pemikir), mujadid (ideolog atau pembaharu). Mereka tidak mudah bersekutu dengan pemilik modal dan pemilik kekuasaan. Mereka adalah kader yang berkadar yang tidak gampang diimingi oleh janji janji dan rayuan pragmatisme. Namun mereka hanya mengharap ridho Allah dan kemenangan yang dijanjikan Allah.

Mereka bukan kader opurtunis yang loyal pada penguasa dan pemilik uang, dan bukan juga menjadi martil kekuasaan yang mengintimidasi dan memporak poranda umat lalu terbelah dalam kotak kotak perpecahan. Namun sebaliknya Kader HMI menjadi titik persenyawaan yang memperjumpakan irisan umat dan irisan bangsa, menjadi kohesi merekatkan negara.

Itulah sebabnya dalam 1 minggu di bulan Januari 2020 dari tgl 12 – 17 dengan tanpa lelah saya datang bertemu dengan adik adikku anak Cucu Lafran Pane, di berbagai arena perkaderan, HMI Cabang Sidrap, Sulsel, HMI Cabang Jombang Jatim dan HMI Cabang Jaksel Jabodetabek. Saya berbaur bersama mereka (peserta, pengelola training dan panitia) Kami menjadi timwork menginstitusikan satu pandangan dasar perkaderan HMI dengan meletakan NDP sebagai epistemologi, ideologi dan doktrin kader.

Tentu tugas peradaban ini menuntut kerelaan semua fihak untuk peduli dan bertanggung jawab. Insya Allah Bendera Hijau Hitam akan terus berkibar di atas kibaran Merah Putih.

Ciputat 18 Januari 2020

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *