Di Museum Alquran Madinah ada Kiswah 140 Tahun

Kiswah 140 tahun (dok)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Madinah, hajinews.id,- Museum Alquran Madinah atau The Holy Quran Exhibition merupakan salah satu tempat menarik untuk dikunjungi para jamaah haji yang tengah berada di Madinah.

Museum ini terletak di sisi selatan Masjid Nabawi. Sesuai namanya, di museum ini tersimpan beraneka ragam Alquran. Ada Alquran yang berusia puluhan, ratusan, hingga ribuan tahun di dalamnya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

 Museum ini juga menyimpan sejarah penulisan Alquran dan sejarah keagungan Alquran. Tujuan didirikannya museum ini adalah agar setiap Muslim semakin mencintai Alquran, juga agar semakin dekat, semakin ingin berinteraksi, dan semakin mengamalkan Alquran.

Tapi ternyata tidak hanya itu, di dalam museum ini juga terpajang kain penutup Kabah atau kiswah yang berusia ratusan tahun.

“Ini adalah kiswah Kabah. (Pada) 140 tahun lalu kain ini pernah menempel di dinding Kabah,” sebut Arya, pemandu yang merupakan orang Indonesia (okezone, 8/7/2019).

Kiswah tersebut memiliki sejarah sendiri. Kiswah ini dibuat oleh Abdullah Ghurdi, seorang keturunan Mesir. Abdullah dikenal sebagai penulis kaligrafi yang biasa menulis di Masjid Haram dan Nabawi.

Kiswah ini dibuat dari sutra hitam asli dan dihiasi kaligrafi yang terbuat dari benang emas dan perak asli.

Kiswah diganti tiap tahu, tepatnya pada hari Arafah saat wukuf Arafah. Kemudian kiswah lama disimpan dihadiahkan kepada lembaga atau negara atau negeri tertentu, termasuk Indonesia(fur/okezone).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *