Menteri Haji Saudi: Kuota Haji Indonesia Masih Bisa Tambah

Pertemuan Komisi VIII dengan Menteri Haji Arab Saudi (dok).
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jakarta, hajinews.id,- Dewan Perwakilan Rakyat RI terus melobi pemerintah Arab Saudi untuk menaikkan jumlah kuota haji 2020. Hal itu disampaikan langsung rombongan DPR RI yang dipimpin salah satu wakil ketuanya Aziz Syamsuddin saat bertemu dengan Menteri Haji dan Umroh Kerajaan Arab Saudi, Muhammad Saleh bin Taher Benten awal pekan ini.

“Menteri Haji Arab Saudi menyampaikan bahwa terbuka kemungkinan penambahan kuota untuk tahun 2020 ini. Sekarang ini, pihak Arab Saudi telah membagi sesuai dengan negaranya” ujar Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily yang ikut dalam pertemuan tersebut dalam dalam keterangan tertulisnya Jumat (24/1/2019).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kemungkinan penambahan kuota haji 2020 tersebut muncul setelah penandatanganan MoU antara Menteri Agama RI dengan Menteri Haji Arab Saudi pada Desember 2019 lalu. Penandatangan tersebut berisi kesepakatan kuota haji sebesar 221.000 jamaah.

“Setelah selesai pembagian sesuai MoU, Menteri Haji Arab Saudi yang juga Ketua Pembagian Kuota Haji menyampaikan akan mengalokasikan kembali kuota haji. Pengalokasian ini akan memprioritaskan penambahan untuk jamaah haji Indonesia,” kata Ace.

DPR berharap kuota haji 2020 bisa meningkat hingga 250 ribu jamaah. Dalam kesempatan tersebut, Menteri Haji Arab Saudi menyampaikan apresiasi kepada jamaah haji Indonesia yang tertib, disiplin, dan taat dalam pelaksanaan ibadah tersebut.

Pemerintah Arab Saudi juga menyatakan akan meningkatkan pelayanan bagi seluruh jamaah haji 2020. Menurut Menteri Haji Arab Saudi, saat ini sudah dirancang tenda bertingkat di area Mina agar dapat menampung jumlah jamaah haji lebih banyak. Selain itu, Pemerintah Arab Saudi sedang menbangun toilet lebih banyak di Arafah dan Mina.(fur/detik).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *