Hikmah Pagi: Doa adalah Senjata Orang Beriman

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id,- Bagi orang beriman, doa adalah senjata ampuh baginya. Seperti halnya dalam hadits Rasulullah SAW yang artinya: “doa adalah senjata orang mukmin dan tiang (pilar) agama serta cahaya langit dan bumi“. (HR. Aby Ya’la).

Ada banyak doa-doa yang diajarkan oleh Allah SWT kepada Muhammad SAW, dan berikut ini akan dijelaskan manfaat dan keutamaan doa.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

  1. Setiap doa selalu diperkenankan Allah.

Hal tersebut ditegaskan Allah dalam firman-Nya:

Artinya: “Dan Tuhanmu berfirman, Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku (berdoa kepada-Ku) akan masuk Neraka Jahanam dalam keadaan hina dina“. (QS: Al-Mukmin: 60).

  1. Menjaga agar selalu dalam kebenaran.

Sebagaimana firman Allah:

Artinya: “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (Jawablah), bahwasanya aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran“. (QS: Al-Baqarah: 186).

  1. Doa adalah ibadah.

Dalam sebuah hadits, Rasulluallah bersabda yang artinya: “doa adalah inti ibadah”.  Rabb kalian berfirman, “berdoalah kepada-Ku niscaya Aku akan memperkenankan untuk kalian”.

Namun, juga dari manfaat di atas, terdapat tiga kemungkinan utama manfaat berdoa, yakni: Allah SWT akan memberikan tiga kemungkinan utama dalam berdoa.

Dalam hadist yang diriwayatkan oleh At- Tirmidzi dan Ahmad. Rasulullah bersabda yang artinya: “Tidaklah seorang muslim berdoa kepada Allah dengan suatu doa yang di dalamnya tidak mengandung dosa dan pemutusan sillahturahmi, melainkan dia memberikan kepadanya salah satu dari tiga itu akan dikabulkan“.

Wallaahu a’lam (muslim.or.id).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *