Kontrol Gula Darah Anda dengan Jus Pare

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jakarta, hajinews.id-Diabetes tipe 2 adalah suatu kondisi kadar gula (glukosa) dalam darah menjadi terlalu tinggi. Salah satu cara mengendalikannya adalah mengubah pola makan sesuai anjuran dokter.

Yup, selain dibantu dengan obat dokter, gula darah berlebih bisa ditekan dengan makanan seperti pare.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dilansir dari Express.co.uk, Jumat (31/1), Pusat Kesehatan Nasional di Inggris (NHS) menyarankan seseorang dengan diabetes harus membatasi makanan tertentu. Anda harus makan berbagai macam makanan termasuk buah, sayuran, dan batasi makanan bertepung seperti pasta.

Hindari gula, lemak, dan garam seminimal mungkin. Makan sarapan, makan siang, dan makan malam setiap hari jangan melewatkan waktu makan. Nah saat sarapan, cobalah mengonsumsi minuman jus pare.

Dahlan Iskan rutin mengkonsumsi jus pare. Foto: JPG

Memang rasanya sangat pahit, tetapi bukankah semua obat memang pahit?

Beberapa penelitian telah mengonfirmasi peran pare dalam kontrol gula darah. Sebuah studi di Inggris selama tiga bulan yang melibatkan 24 orang dewasa dengan diabetes menunjukkan perubahan karena pare.

Dikatakan, setelah mengonsumsi 2.000 mg pare setiap hari bisa menurunkan gula darah dan hemoglobin. Tes yang digunakan untuk mengukur kontrol gula darah selama durasi tiga bulan.

Studi lain yang melibatkan 40 orang dengan diabetes dikatakan mengalami penurunan kadar gula darah setelah mengonsumsi 2.000mg pare per hari selama empat minggu.

Sehingga pare dipercaya dapat memperbaiki gula dalam jaringan dan mempromosikan sekresi insulin, yakni hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur gula darah.

Selain dibuat jus, pare juga dapat dinikmati dengan ditumis, digoreng, dikukus atau dipanggang. Jus pare mudah dibuat. Cukup dicampur air, tambahkan perasan lemon.

Tetapi jika Anda menderita diabetes tipe 2, penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mencoba pengobatan alternatif apa pun. (wh/jp/fajar)

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *