Suriah Kembali Kuasai Jalan Raya antara Aleppo dan Damaskus

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Beirut, hajinews.id-Pasukan pemerintah Suriah berhasil merebut kendali jalan raya di Suriah barat laut untuk pertama kali sejak 2012.  Sukses ini cukup mengejutkan karena terjadi saat pembicaraan antara Turki dan Rusia untuk menghentikan bentrokan, yang menewaskan 13 tentara Turki.

Jalan raya M5 merupakan jalan utama antara Aleppo dan ibu kota Damaskus dan membentang hingga ke Deraa di Suriah selatan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Observatorium HAM untuk Suriah yang berbasis di Inggris mengatakan, pasukan Suriah mengambil alih M5 secara penuh setelah mengusir gerilyawan dari pijakan terakhir mereka di jalan tersebut.

Pasukan tersebut, yang didukung oleh Rusia dan Iran, mengambil kendali jalan raya seusai merebut pinggiran barat Aleppo dari gerilyawan, saat pemerintah menggencarkan aksinya merebut markas terakhir gerilyawan dalam perang hampir sembilan tahun Suriah.

Pekan lalu pasukan pemerintah kembali mendapatkan kendali Saraqeb, kota persimpangan strategis tempat M5 bersinggungan dengan jalan raya utama barat timur.

Progres terbaru pasukan Presiden Suriah Bashar al-Assad muncul setelah 13 tentara Turki tewas di kawasan Idlib selama sepekan terakhir, yang memicu sejumlah bentrokan paling serius antara Ankara dan Damaskus. (wh/ant/rtr)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *