Hikmah Malam: Umrah Tertunda Apa Hikmahnya?

Jamaah umrah Indonesia (dok)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id,-  Hari ini (27/2/2020)  jamaah umrah dari Indonesia batal berangkat ke Arab Saudi karena ada larangan masuk ke negara itu untuk mencegah virus corona.  Larangan ini bersifat sementara. Artinya hanya penundaan saja.

Apa hikmah umrah tertunda? Pastinya Allah punya rencana lain. Inilah taqdir. Yakin terhadap taqdir Allah adalah bagian dari keimanan, karena itu niat umrah tak akan mengurangi pahala meski tertunda atau batal sekalipun, karena semua ini demi kebaikan semuanya. Hikmah dibalik tertundanya umrah masih misteri, karena itu masuk dalam wilayah ghaib dan kita pasrahkan kepada Allah SWT yang maha pengatur.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Adapun umrah yang berhasil ditunaikan di antara hikmahnya adalah menjadi lebih religious, lebih peduli kepada sesama manusia dan bisa memanfaatkan rejeki yang diberikan oleh Allah SWT dengan lebih baik, kita akan menggunakannya untuk membantu orang-orang yang membutuhkan. Selain itu dengan melakukan ibadah umrah kita akan mendapatkan pahala dan balasan surga.

Diantara hikmah yang sangat menakjubkan diantaranya adalah:

  • Umrah merupakan rihlah muqaddasah (perjalanan suci), inilah yang menyebabkan seluruh kegiatan yang dilakukan pada saat melakukan ibadah umrah adalah sebuah perjalanan ibadah demi memperoleh pahala dan ridho dari Allah SWT.
  • Kegiatan ibadah umrah merupakan bagian dari syi`ar untuk mensucikan dan membesarkan nama Allah seperti yang tercantum dalam kalimat talbiyyah.
  • Umrah merupakan salah satu sarana bagi umat manusia untuk senantiasa menginstrospeksi dirinya, bahkan ketika dia berada sangat dekat dengan-Nya di Baitullah.
  • Umrah sebagai simbol ketaatan dan kepatuhan kita kepada Allah SWT sebagai hamba-Nya yang senantiasa melakukan segala perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya.

Adapun hikmah rukun dan wajibnya umrah adalah:

  • Pada saat menggunakan pakaian ihram, kita lebih menonjolkan sikap sederhana, kesucian hati dan jiwa pada saat menggunakan kain putih ihram. Tidak ada sikap sombong dan berlebihan dan itu semakin membuat kita merasa rendah hati baik di hadapan sesama manusia terlebih dihadapan Allah SWT.
  • Dalam melakukan thawaf yaitu berputar mengelilingi Ka`bah, melambangkan perputaran alam semesta, sedangkan bilangan 7 kali dalam kegiatan thawaf melambangkan bilangan 7 hari, 7 lapis langit dan bumi serta 7 lapis surga dan neraka. Sehingga Ka`bah dapat pula dianggap sebagai miniatur bangunan suci Baitul Maqdis yang ada di atas langit, dikelilingi oleh puluhan ribu malaikat (riwayat sebagian menyebutkan terdapat sebanyak 70.000 malaikat) yang juga berthawaf setiap harinya.
  • Wuquf di Arafah memiliki hikmah sebagai sarana perenungan diri atas segala amal perbuatan kita, sebagai miniatur digiringnya umat manusia di padang mahsyar kelak. Sehingga kita dapat introspeksi diri atas segala amal perbuatan yang telah kita lakukan di dunia, insyaf sebagai hamba Allah yang berlumur dosa dan segera menyucikan diri dengan memperbaiki amalan ibadah seusai menjalankan ibadah umroh ini.
  • Hikmah dari melaksanakan sa`i adalah merupakan perjalanan yang melambangkan kasih sayang seorang ibu kepada anaknya. Jamaah umrah diingatkan atas perjuangan Siti Hajar (istri nabi Ibrahim as) ketika mencari air dengan berlari antara bukit Shafa dan Marwah sebanyak 7 kali.
  • Pelemparan jumrah merupakan symbol penentangan manusia terhadap setan. Melempar jumroh dengan menggunakan kerikil adalah symbol melempar nafsu setan yang ada dalam diri manusia sejauh-jauhnya dari jiwa dan kehidupan kita.

Hikmah lain umrah adalah:

Umroh menghilangkan kefakiran dan menghapus dosa. Dari Abdullah, Rasulallah SAW bersabda:
“Ikutkanlah umrah kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga.” (HR. An Nasai no. 2631, Tirmidzi no. 810, Ahmad 1/387).

Banyak yang telah membuktikan bahwa setelah melakukan umrah, kehidupan mereka makin berkah melalui kekayaan yang ditambah-tambah oleh-Nya melalui jalan yang tak pernah di sangka-sangkanya, kehidupan yang lebih tentram dan membuatnya makin khusyuk beribadah kepada Allah SWT.

Ibadah umrah adalah kegiatan ibadah yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW dan merupakan ibadah pelengkap dan penyempurna ke-Islaman kita, sehingga ibadah umrah adalah ibadah yang sangat istimewa. Semoga kita diberi kemampuan oleh-Nya untuk dapat menjalankan ibadah umrah ini. Aamiin.

Wallahu a’lam. (fur/dari berbagai sumber).

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *