Hikmah Malam: Allah Cinta Orang Sabar dan Tawakal

Ilustrasi
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id,- Al Quran merupakan pedoman hidup umat manusia, khususnya bagi seorang Muslim. Maka sudah sepantasnya kita menjalani hidup ini mengikuti aturan yang sudah tertera di dalam Al Quran. Sebagai seorang Muslim tentu saja kita sangat menginginkan dicintai oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Untuk itu kita harus tau, sifat apa saja yang akan membuat kita dicintai oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Di dalam Al Quran disebutkan setidaknya ada 18 sifat yang dapat mengundang cintaNya. Namun kita bahas dua sifat terlebih dahulu.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Tawakal

Tawakal termasuk salah satu sifat yang paling dicintai oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Tawakal sering kali disangdingkan dengan ikhtiar. Dalam kehidupan sehari-hari, kita harus selalu berikhtiar kepadaNya untuk mencapai tujuan yang diinginkan, baik berupa kebahagiaan di dunia maupun akhirat kelak.

Namun demikian, kita juga harus berusaha sekuat tenaga. Sementara hasilnya, kita serahkan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Sebab, hanya Dia Yang Maha Mengetahui kebaikan bagi diri kita. Itulah salah satu hikmah tawakal kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala setelah kita berusaha sesuai kemampuan yang dimiliki.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

وَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ ۚ وَكَفَىٰ بِاللَّهِ وَكِيلًا

 

“dan bertawakkallah kepada Allah. Dan cukuplah Allah sebagai Pemelihara.”

Selain ayat tersebut, Allah Subhanahu Wa Ta’ala juga menjelaskan hikmah tawakal dalam ayat yang lainnya, sebagai berikut:

“Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS Attalaq ayat 3).

Dalam kedua ayat tersebut, Allah Subhanahu Wa Ta’ala. telah berjanji akan memberi kecukupan hidup kepada orang-orang yang bertawakal, termasuk dalam urusan rezeki. Oleh karena itu, jadilah kita sebagai orang-orang yang bertawakal dan tidak hanya pasrah pada takdir Allah. Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam. bersabda:

“Andaikan kalian tawakal kepada Allah dengan sebenarnya, niscaya Allah akan memberi rezeki kepada kalian, seperti memberi rezeki pada burung. Mereka pergi pagi dengan perut kosong dan pulang sore dengan perut kenyang.” (HR. Tirmidzi)

Serahkan semua urusan di dunia ini hanya kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Janganlah kamu menggantungkan sesuatu kepada selain diriNya. Sebab, hanya Allah Subhanahu Wa Ta’ala. yang mempunyai kekuasaan atas segala hal. Segala usaha dan kerja keras kita tidak akan berarti apa-apa, jika Dia tidak menghendakinya.

Sebagai hambaNya, kita juga boleh berharap dengan berbaik sangka kepadaNya. Namun, kita harus ingat bahwa Dzat yang menentukan hasil usaha kita adalah Allah Subhanahu Wa Ta’ala. bukan manusia. Singkatnya, hikmah dari orang yang selalu bertawakal kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. di antaranya sebagai berikut:

  1. Allah Subhanahu Wa Ta’ala. mencukupi segala kebutuhannya.
  2. Termasuk dalam golongan orang yang bertakwa.
  3. Dimudahkan rezekinya.
  4. Diampuni dosa-dosanya.
  5. Masuk surga.

Sabar

Sabar termasuk salah satu ciri utama seseorang yang bertakwa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Bahkan sebagian ulama mengatakan bahwa sabar merupakan setengah bagian dari iman. Sebab, sabar memiliki ikatan yang tidak dapat terpisahkan dari keimanan seseorang, seperti kepala dengan jasad. Hal ini sebagaimana diceritakan oleh Suhaib Ra. bahwa Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam bersabda:

“Sungguh, menakjubkan perkara orang yang beriman, karena segala urusannya adalah baik baginya. Dan, hal yang demikian itu tidak akan terdapat kecuali hanya kepada orang mukmin, yaitu jika ia mendapat kebahagiaan, ia bersyukur karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan yang terbaik untuknya. Dan, jika ia tertimpa musibah, ia bersabar karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan hal terbaik bagi dirinya.” (HR. Muslim)

Banyak ayat yang menjelaskan tentang sabar,pada intinya memiliki hikmah sbb:

  • Sabar merupakan sifat yang harus kita miliki karena termasuk perintah Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Sebagaimana orang yang beriman, kita harus meinta pertolongan kepadaNya setelah berusaha dengan penuh kesabaran. Sesungguhnya, usaha yang disertai kesabaran merupakan perbuatan yang disukai oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.
  • Kesabaran mendatangkan pujian dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Seseorang yang memelihara kesabaran berarti telah berlalu jujur dalam keimanannya. Sebab, ia mampu menghadapi segala cobaan yang diberikan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan tetap mengingatNya dengan baik.
  • Allah Subhanahu Wa Ta’ala mencintai orang yang sabar. Semua orang yang beriman pasti berharap menjadi golongan orang yang dicintai oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Namun, golongan tersebut hanya untuk orang-orang yang sabar terhadap ujian dan cobaan dariNya.
  • Sabar yang dipelihara dengan baik akan mendapat ganjaran yang lebih baik daripada amalan lainnya. Sebab, kesabarannya melebihi usaha atau amalan yang telah dilakukan.
  • Seseorang yang bersabar akan mendapat ampunan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Selain itu, ia juga mendapat pahala dan ampunan dariNya. Wallahu a’lam. (Sumber: dari berbagai sumber).
banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *