Hikmah Pagi: Mayat pun Ingin Bersedekah

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id,- Sedekah adalah bukti nyata keimanan seseorang, oleh karena itu ketika seseorang sudah di alam kubur meminta agar bisa dihidupkan kembali sedetik saja agar bisa bersedekah. Tapi penyesalan tak berguna karena tak mungkin hidup lagi.

Ta’ala berfirman,

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

( وَأَنفِقُوا مِن مَّا رَزَقْنَاكُم مِّن قَبْلِ أَن يَأْتِيَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ )

“Dan berinfaqlah kalian dari sebagian harta yang telah Kami berikan rizkinya kepada kalian sebelum kematian itu datang…”

( فَيَقُولَ رَبِّ لَوْلَا أَخَّرْتَنِي إِلَىٰ أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُن مِّنَ الصَّالِحِينَ )

“Agar orang tersebut dengan penyesalan ia mengatakan, ‘ya Tuhanku sekiranya Engkau berkenan untuk menunda kematianku sedikit waktu saja, maka aku akan dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang shalih.”

Sahabat, di sini Allah Subhanahu wa Ta’ala menjelaskan penyesalan orang orang yang telah meninggal dunia dan kemudian dia ingin supaya kematiannya itu ditunda dan dia mengatakan “fa-ashshaddaqa” agar aku dapat bersedekah, “wa akun minashshaalihiin” dan aku dapat menjadi orang yang shalih.

Kenapa di sini sedekah yang disebutkan? Kok bukan amalan yang lain misalnya agar aku dapat shalat, atau agar aku dapat melakukan amal shalih ini dan itu akan tetapi dia mengatakan “fa-ashshaddaqa” agar aku dapat bersedekah.

Karena, para ikhwan sekalian… Kata Nabi Shallallahu alaihi wa Sallam ,
« الصدقة برهان »

“Sedekah itu burhan”

Sedekah itu bukti nyata. Dan pernyataan Al-Imam an-Nawawi Rahimahullahu Ta’ala yang dimaksud dengan sedekah itu burhan adalah bukti nyata atas keimanan dan orang orang yang beriman maka dia ketika menunjukkan bukti keimanannya di antaranya adalah dengan cara dia mensedekahkan sebagian dari apa yang dia miliki.

Maka, oleh karena itu para ikhwah sekalian… Janganlah sekali kali kita lupa dan kita meninggalkan bersedekah karena betapa banyak manfaatnya daripada sedekah tersebut sehingga dikatakan,

إذا ضاق عليك الأمر فتصدق

“Apabila urusanmu saat itu dalam keadaan sempit maka bersedekahlah”

Insyaallah dengan sedekah semua kesulitan akan Allah lepaskan.

Wallahu Ta’ala A’lam bish-shawab, mudah-mudahan bisa bermanfaat.

@abinyasalma

Sumber : https://youtu.be/CkLE4BquGtU

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *