Imam Prasodjo Kritik Bagi-bagi Sembako ala Jokowi: Sangat Bahaya

(Ist)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



JAKARTA, hajinews.id – Beredarnya video yang memperlihatkan mobil RI 1 alias kendaraan dinas Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagi-bagikan sembako di tengah wabah corona (Covid-19) menjadi sorotan negatif publik.

Selain ramai menjadi sorotan warganet, video yang viral di media sosial itu juga menjadi perhatian khusus dari sosiolog sekaligus dosen di Universitas Indonesia (UI) Imam B Prasodjo.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ia menilai hal yang dilakukan oleh Jokowi selaku Presiden itu tidak tepat di tengah upaya pemerintah dan semua pihak mencegah penyebaran wabah virus corona melalui berbagai kebijakan.

“Apa yg dilakukan Presiden menurut hemat saya, bukanlah sistem penyaluran bantuan yg baik. Cara ini justru mudah sekali menciptakan kerumunan yg sgt berbahaya bagi penyebaran virus Corona,” kata Imam Prasodjo dilihat di akun Twitter, Jumat (10/4/2020), yang mengkritik bagi-bagi sembako ala Jokowi.

Video yang viral di media sosial itu awalnya diunggah oleh akun Instagram @jakarta.terkini pada Kamis (9/4/2020). Menurut penjelasan akun @jakarta.terkini, kejadian dalam video itu terjadi di Kawasan Harmoni Jakarta Pusat, Kamis (9/4/2020).

Tampak dalam video itu, sejumlah Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mengawal mobil RI 1 yang berhenti di depan para ojek online yang parkir. Sekitar 5 anggota Paspampres berada di samping mobil bertugas menjaga jarak antara pengemudi ojek online dan mobil RI 1. Mereka memakai masker dan sarung tangan.

Salah satu Paspampres kemudian membuka bagasi mobil. Ia dengan cepat mengeluarkan kantong-kantong yang diduga berisi sembako. Anggota Paspampres lain membantunya menyerahkan sembako tersebut kepada para pengemudi ojek online.

Setelah kantong-kantong di bagasi mobil diserahkan semua, terlihat seorang anggota Paspampres berlari dari belakang. Ia membawa kantong sembako lain dan memasukkannya ke bagasi saat mobil melaju.

Cara bagi-bagi sembako yang dilakukan Presiden Jokowi itu menuai kecaman dari warganet. Seperti warganet di Twitter @fahrisalam yang berkomentar, “Harus banget ya sekelas presiden masih pakai cara begini. Hadeh”.

Cuitan itu kemudian diunggah ulang oleh penulis Aan Mansyur. “Gimmick governance,” tulis @hurufkecil, akun Twitter resmi milik Aan Mansyur.

Sejumlah warganet di Instagram juga mempertanyakan cara Jokowi membagikan sembako seperti dalam video viral itu.

“Itu dari pak Jokowi langsung dari uang pribadinya atau dari uang rakyat Indonesia melalui pak jokowi?” tanya seorang warganet.

“Emang harus ya itu mobil sedannya pakai diisi ulang segala, kenapa gak langsung di kasihin aja!” kritik warganet lainnya.

Yang bikin rakyat mengkritik ya ulah jokowi sendiri,” cuit pemilik akun rejal_ajib.

Seorang warganet juga meminta Jokowi untuk membagikan sembako kepada kelompok masyarakat lainnya. Tidak hanya kepada ojek online saja. (rah/berbagai sumber)

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *