Sifat Hati dan Lisan Pada Setiap Insan

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh Luthfi Bashori

Diriwayatkan bahwa majikannya Sy. Lukman Alhakim memberikan seekor kambing kepadanya seraya berkata, “Wahai Lukman, sembelihlah dan berikan kepadaku bagiannya yang terbaik.”

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Maka Sy. Luqman Alhakim memberikan kepada majikannya bagian hati dan lidah. Kemudian selang beberapa hari, sang majikan memberikan kepadanya lagi seekor kambing seraya berkata, “Wahai Lukman, Sembelihlah dan berikan kepadaku bagiannya yang paling busuk.”

Maka Sy. Luqman Alhakim membawakan kepada sang majikan bagian hati dan lidah. Kemudian majikannya bertanya tentang hal itu. Maka Sy. Luqman Alhakim menjawab, “Keduanya adalah yang terbaik ketika dalam keadaan baik, dan paling busuk bila dalam keadaan busuk (jadi semua tubuh itu hakikatnya tergantung hati dan lisan).”

Riwayat ini menunjukkan bahwa, seseorang itu tergantung ketetapan hati dan ucapan lisannya. Jika hatinya baik, maka perilakunya pun akan selalu baik dan cenderung senang mengajak kepada kebaikan. Adapun kebaikan hati seseorang itu dapat juga dilihat dari ucapan-ucapan yang keluar dari lisannya, atau yang serupa pula dapat dilihat dari isi tulisannya.

Seseorang yang hatinya buruk, akan cenderung senang mengekspresikan keburukannya itu lewat lisan mapun tulisan. Untuk itulah, postingan status yang tertera pada akun setiap orang itu, hakikatnya dapat mengungkapkan siapa jati diri penulisnya (fb)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *