Belum Meninggal, Kim Jong Un Muncul di Acara Potong Pita Pabrik Pupuk

Foto: KNCA
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



SEOUL, hajinews.id-Kantor berita negara Korea Utara KCNA melaporkan, pemimpin Kim Jong Un menghadiri peresmian penyelesaian pembangunan pabrik pupuk di kawasan utara Ibu Kota Pyongyang.

Kabar dari KCNA itu merupakan laporan kemunculan Kim untuk pertama kalinya sejak 11 April. Sementara kantor berita Reuters tidak dapat memverifikasi laporan KCNA itu.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dalam laporan KCNA, Kim memotong pita dalam upacara pembukaan pabrik pupuk, Jumat (1/5). Saat itu dan para hadirin bersorak ‘horee!’ untuk Pemimpin Agung yang menakhodai barisan seluruh rakyat untuk  mencapai cita-cita kemakmuran”.

Kim menyatakan puas dengan sistem produksi pabrik pupuk itu. Dia mengatakan pabrik tersebut memberikan dukungan penting bagi kemajuan industri kimia dan produksi makanan negeri. Di acara poting pita itu, Kim didampingi sejumlah pejabat senior Korut, termasuk adik perempuannya, Kim Yo Jong.

Setelah laporan itu, Presiden AS Donald Trump mengaku sebenarnya dia akan mengatakan tentang Kim Jong Un pada saat yang tepat. Sebelumnya, ada spekulasi tentang kesehatan Kim setelah dia tak hadir dalam perayaan ulang tahun kelahiran pendiri negara, Kim Il Sung, pada 15 April lalu.

Tanggal itu adalah sebuah hari libur penting di Korut. Dan Kim sebagai pemimpin biasanya mengunjungi mausoleum tempat sang kakek terbaring.

Sebelumnya, sebuah sumber yang mengetahui analisis dan laporan intelijen AS mengatakan agen-agen intelijen AS yakin bahwa Kim Jong Un tak sakit parah. Dan dia masih sangat kuat memegang kendali kekuasaan. “Menurut kami, dia masih berkuasa,” kata sumber itu.

Sumber itu tak dapat mengonfirmasi secara langsung laporan KCNA. Gedung Putih dan Departemen Luar Negeri AS belum menjawab permintaan untuk memberikan komentar. (wh/ant/knca/rtr)

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *