Mengenal Masjid Terindah di Jepang

Masjid Camii di Jepang (dok)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



TOKYO, hajinews.id– Masjid Camii (mungkin maksudnya adalah masjid jami’/masjid besar) di Tokyo adalah salah satu masjid tertua yang dibangun pada tahun 1930-an oleh imigran muslim yang datang ke Jepang. Pada masa di mana Jepang kedatangan imigran muslim dalam jumlah besar dan masjid pertama mulai didirikan.

Awalnya masjid Camii dibangun bersama sekolah tanggal 12 Mei 1938. Dan pendiri masjid Camii Tokyo Jepang ini adalah imigran bernama Bashkir Tatar dari Rusia yang datang ke Jepang setelah Revolusi Oktober. Pembuatan masjid dengan arahan Abdurreshid Ibrahim, Imam pertama masjid, dan Abdulhay Kurban Ali.

Pada tahun 1986, masjid mengalami kerusakan yang parah. Masjid mulai dibangun kembali pada tahun 1998. Arsitek untuk bangunan masjid tersebut adalah Muharrem Hilmi Senalp. Ornamen didasarkan pada arsitektur religius Ottoman. Sekitar 70 pengrajin Turki melakukan perincian finishing, dan sejumlah besar marmer diimpor dari Turki.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Renovasi selesai dilakukan pada tahun 2000 dengan menghabiskan biaya sekitar 1,5 miliar yen (saat itu). Peresmian untuk menggunakan Tokyo Camii pada tanggal 30 Juni 2000. Masjid ini memiliki luas 734 meter persegi dan memiliki satu lantai basement dan tiga lantai di atas tanah dengan total luas lantai 1.477 meter persegi. Kubah utama masjid ini memiliki ketinggian 23,25 meter dan didukung enam pilar, sedangkan menara yang berdekatan tingginya 41,48 meter.

Saking besarnya, Masjid Camii mampu menampung jamaah hingga sekitar 1.200 untuk beribadah di dalam masjid. Khususnya pada hari-hari besar agama islam seperti Idul Fitri, Idul Adha, dan melaksanakan ibadah sholat Jumat. Masjid Camii juga bukan hanya untuk beribadah saja, tetapi juga difungsikan sebagai tempat menyelenggarakan pernikahan, peragaan busana, pertunjukan, pameran dan konferensi.

Masjid Camii juga memiliki anggota remaja masjid yang aktif. Yuai Internasional School menyelenggarakan kelas spirit membaca Al-Qur’an, mengenal Islam, karate, dan kaligrafi. sekolah tersebut dijalankan oleh Islamic Center of Japan (IJC), sebuah lembaga muslim yang telah didirikan sejak 1966.

Bagian dalam masjid Camii Jepang (dok)

Berikut fakta menarik tentang masjid Camii seperti dilansir dari detiktravel:

1. Masjid Terindah se-Asia

Tidak hanya memiliki luas yang megah dengan ornamen jubah berdiameter 25 meter. Masjid ini akan memberikan rasa kagum bagi para jamaah saat memasuki masjid Camii dengan desain bangunan yang megah, kaligrafi, hingga ornamen hiasan yang sangat cantik. Masjid ini juga disebut sebagai masjid terindah di Asia

2. Lokasi yang Strategis

Masjid Camii Tokyo berlokasi tidak jauh dari kawasan Shinjuku dan Harajuku. Jika kalian yang sedang berlibur di kawasan tersebut, jangan lupa untuk mampir melihat kecantikan masjid Camii dan melihat sejarah peradaban Islam di jepang. Bagi traveler muslim, kalian bisa datang dan bertemu teman-teman muslim lainnya disana.

3. Memiliki Ornamen Dinding yang Cantik

Jika melihat dinding masjid, banyak hiasan dan ornamen cantik yang menempel di dindingnya. Langit-langit masjid dirancang dengan beragam ornamen. Pada bagian langit masjid dibuat secara tinggi, sehingga tampak lebih luas. Seluruh ornamen masjid hampir didominasi berwarna biru yang menyejukkan.

4. Pengunjung Dapat Berkeliling Melihat Keindahan Masjid Camii

Bagi pengunjung yang penasaran dan ingin mengetahui secara menyeluruh Masjid Camii. Pengunjung bisa berkeliling untuk memuaskan rasa penasarannya. Namun, dengan syarat bagi pengunjung yang sedang berkeliling Masjid Camii tidak boleh mengganggu jamaah yang sedang melaksanakan ibadah di dalam masjid.

Berbeda dengan masjid yang ada di Indonesia yang biasanya selalu terbuka untuk jamaah selama 24 jam, di masjid Camii ini hanya buka sampai pukul 18:00 waktu setempat.

(fur/detiktravel)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *