Memperkuat Keimanan

Foto : Membaca Aql-Quran ( Unsplash )
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



MEMPERKUAT KEIMANAN

Keimanan seorang manusia merupakan hal rapuh dan kerap naik turun. Padahal, iman ini menjadi salah satu fondasi dalam menjalankan segala ibadah kepada Allah SWT dan Islam

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ada kalanya keimanan kita lemah, ini sering terjadi pada diri kita, sesuai dengan keadaan kehidupan atau aktivitas kita sehari-hari. Ada beberapa hal yang menyebabkan keimanan kita melemah, seperti: kurang maksimalnya ibadah kita kepada ALLAH dan karena bisikan syaitan. Dari beberapa penyebab tersebut, maka sudah keharusan kita semua untuk selalu menjaga dan mengembalikan keimanan kita agar menjadi kuat dan kokoh kembali. Pertama kita harus mengetahui hal apa saja yang menyebabkan iman kita melemah dan bagaimana untuk mengatasi hal tersebut.

Sebagai seorang muslim kita harus selalu berusaha memperkuat keimanan kita, banyak hal yang bisa di lakukan dalam memperkuat keimanan diantaranya :

1. Sadar akan dosa dan bertaubat
Sebagai manusia kita tidak luput dari dosa, dan sebaik-baik manusia adalah yang selalu memohon ampunan kepada Sang Pencipta. Mulai sekarang tinggalkan lah semua aktivitas atau perbuatan yang dilarang oleh ALLAH, dan berusaha untuk tidak mengulangi perbuatan tersebut.

2. Menjaga Salat
Berusaha untuk salat tepat waktu, jangan suka menunda-nunda salat, karena ibadah salat ini adalah kewajiban kita sebagai umat islam. Ini adalah jalan terbaik untuk meningkatkan keimanan kita kepada ALLAH, bukan hanya karena dengan salat kita sudah melaksana kan kewajiban, namun dengan salat ini juga sebagai komunikasi dengan Pencipta kita, kita berdoa, kita meminta pertolongan, karena hanya kepada ALLAH lah tempat kita mengadu. Jika salat kita baik maka baik pula segala yang ada pada diri kita.

ALLAH berfirman dalam Al Quran:

 QS. Al Anfal (2-4)
“Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama ALLAH gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal. (yaitu) orang-orang yang mendirikan salat dan yang menafkah kan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka. Itulah orang-orang yang beriman dengan sebenar-benarnya. Mereka akan memperoleh beberapa derajat ketinggian di sisi Tuhannya dan ampunan serta rezeki (nikmat) yang mulia.”

3. Luangkan waktu untuk membaca Al Quran
Dengan sering membaca Al Quran maka hati akan menjadi tenang, karena Al Quran adalah pedoman hidup kita, dan juga akan mendatangkan pahala yang besar. Dan sesungguhnya kemuliaan ALLAH SWT itu Maha Luas, meliputi seluruh makhluk, baik orang Arab atau yang bukan Arab, baik yang bisa bahasa Arab atau tidak. Untuk kita yang tidak tahu akan arti yang terdapat dalam Al Quran, maka kita bisa memahami makna di setiap ayatnya, dengan membaca terjemahannya dalam bahasa kita setelah membaca Al Quran.

4. Seringlah mengingat *ALLAH
Sering mengingat ALLAH dan berdzikir akan membuat hati kita menjadi tenang dan nyaman, rasa sedih, gelisah dan kekhawatiran pun akan segera hilang. Hal ini juga akan meningkatkan ketaqwaan kita kepada ALLAH, akan timbul rasa takut kepada-Nya jika kita melakukan dosa, dan kita akan terus berusaha untuk mencari ridha-Nya.

4. Selalu mengingat kematian
kematian adalah suatu hal yang kita tidak akan bisa lepas dan berlari darinya dan akan datang bila waktunya tiba.

5. Perbanyaklah doa ( permohonan kepada ALLAH)
Dengan memperbanyak doa, maka akan semakin mendekatkan kita kepada Allah yang akan terus menambah keimanan kita kepada-Nya. Ketika kita sudah dekat dengan Allah, kita akan selalu berada dijalan uyang sudah ditentukan oleh ALLAH dan menjauhi segala sesuatu yang dilarang untuk dilakukan.

Itulah beberapa cara yang dapat memperkuat dan menambah keimanan kita kepada ALLAH, semoga kelak di akhirat kita termasuk orang-orang yang beruntung yang mendapatkan kebahagiaan di surga ALLAH yang kekal. Terus perbaiki diri dan selalu dijalan yang lurus..

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *