Kasus Baru Corona Bertambah 857 Orang, Jawa Timur Masih Tertinggi

Foto: RMOL
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



JAKARTA, hajinews.id – Beberapa hari terakhir, jumlah penambahan penularan virus corona selalu tinggi. Ada penambahan sebanyak 857 orang dalam 24 jam terakhir, sehingga jumlah total kasus positif Corona sampai hari ini (14/6) sebanyak 38.277 orang.

Angka positif ini didapat dari pemeriksaan spesimen dalam satu hari terakhir yang mencapai 18.760 tes.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kabar buruk bagi warga Jawa Timur. Provinsi paling timur di Pulau Jawa itu masih menjadi episentrum corona di Indonesia setelah mencatat kasus harian tertinggi, yakni 196 kasus baru.

Kemudian disusul Sulawesi Selatan dengan 133 kasus baru. Sementara DKI Jakarta yang dipimpin Gubernur Anies Baswedan mencatat adanya 117 kasus baru yang kemudian disusul Jawa Tengah dengan 113 kasus baru. Sementara Kalimantan Selatan ada 70 kasus baru.

Pemerintah mengklaim, angka penambahan kasus yang konstan tinggi dalam satu pekan terakhir disebabkan pemeriksaan PCR dan tes cepat molekular yang semakin masif.

“Ini upaya agresif kita melakukan tracing penelusuran dari kasus positif disertai dengan upaya untuk testing atau pemeriksaan lab terhadap kasus yang ditemukan masif. Ini gambaran kita bersungguh-sungguh hentikan penyebaran Covid,” jelas Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto di Jakarta, Minggu (14/6).

Pemerintah juga mencatat ada 22 provinsi di Indonesia yang melaporkan penambahan kasus baru harian di bawah 10 orang. Sementara enam provinsi yang mencatat nol kasus pada hari ini adalah Jambi, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kepulauan Riau, Riau, dan Gorontalo.

“Kalau kita perhatikan, peningkatan kasus disebabkan karena semakin agresif tracing oleh Dinkes setempat. Kajian kontak erat dari kasus positif yang dirawat dan dilakukan tracing dan pemeriksaan baik PCR dan TCM memberikan gambaran tinggi,” jelasnya.

Kabar baiknya, jumlah pasien yang sembuh juga mengalami peningkatan, yakni 755 orang dalam 24 jam terakhir. Sehingga jumlah pasien sembuh dari Covid-19 di Tanah Air sebanyak 14.531 orang.

Sedangkan pasien yang meninggal dunia juga bertambah 43 orang, sehingga jumlahnya naik menjadi 2.134 pasien yang meninggal dengan status positif Covid-19. (wh)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *