Ada Gelagat Arab Saudi Batalkan Haji 2020

Ilustrasi
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



JAKARTA, Hajinews.id –  Pejabat Arab Saudi dilaporkan mempertimbangkan untuk membatalkan ibadah haji 2020 ini akibat pandemi corona yang belum juga berakhir.

Seperti dilansir laman Arabian Business dan Gulf News, Minggu (14/6), pejabat senior Arab Saudi yang tidak disebutkan namanya kepada Financial Times mengatakan bahwa hal ini telah dipertimbangkan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Kasus ini telah dipelajari dengan cermat dan berbagai skenario sedang dipertimbangkan. Keputusan resmi akan diambil dalam waktu seminggu,” ujar pejabat itu.

Lebih dari dua juta jamaah berpartisipasi dalam haji setiap tahun. Tahun ini, ibadah haji dijadwalkan akhir Juli.

Data pemerintah menunjukkan bahwa Haji – serta Umrah – adalah salah satu kontributor utama bagi ekonomi Arab Saudi, bernilai sekitar USD 12 miliar setiap tahun.

Sebuah laporan terpisah, dari Reuters, menyebutkan bahwa para pejabat Arab Saudi juga mempertimbangkan secara drastis mengurangi jumlah jamaah yang diizinkan untuk memasuki kerajaan, dengan kemungkinan pembatasan termasuk larangan jemaah lanjut usia dan juga pemeriksaan kesehatan yang ketat.

“Dengan prosedur yang ketat, pihak berwenang berpikir mungkin untuk memungkinkan hingga 20 persen dari kuota jemaah reguler setiap negara,” tambah laporan itu.

Sebelumnya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meminta pihak Arab Saudi untuk menunda kegiatan ibadah haji akibat pandemi Covid-19. Dilaporkan, WHO dan Kerajaan Saudi sedang melakukan perundingan terkait usul ini.

Hal ini dilaporkan media Arab, Merhrnews sebagaimana dikutip CNBC Indonesia, Sabtu (13/6). Dalam artikel tersebut, Kepala Perwakilan WHO untuk Timur Tengah, dr. Dalia Samhouri menuturkan bahwa WHO akan mencoba membujuk Saudi untuk penundaan ritual ibadah haji tahun ini. (fur/dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *