Dukung UMKM di Pesantren, BRI Syariah Kucurkan KUR Anggota Koperasi

BRI Syariah (Foto: Republika)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



JAKARTA, hajinews.id –  Komitmen untuk terus mendukung pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di pesantren melalui berbagai program terobosan ditunjukkan oleh PT Bank BRI Syariah Tbk. Guna memaksimalkan potensi ekonomi dan perbankan syariah Indonesia, BRI Syariah mengucurkan KUR ke anggota koperasi di lingkungan pesantren.

Direktur Bisnis Ritel BRI Syariah (BRIS) Fidri Arnaldy menyatakan, perseroan masih melanjutkan komitmen untuk mendukung kemajuan sektor UMKM di pesantren guna mengoptimalkan potensi ekonomi dan perbankan syariah.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Kami fokus untuk memberikan dukungan dan solusi-solusi terbaik kepada para pelaku UMKM di lingkungan pesantren melalui berbagai program dan layanan seperti pembiayaan untuk kopontren dan layanan transaksi keuangan digital,” ujar Fidri dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (17/6/2020).

Adapun, pada masa pandemi Covid-19 saat ini, BRIS memberikan dukungan pembiayaan KUR kepada anggota koperasi di pesantren yang membutuhkan modal untuk pengembangan usaha.

Koperasi pesantren tersebut biasanya beranggotakan santri atau pengurus pesantren yang memiliki usaha di bidang peternakan, perkebunan dan pertanian. “Di tengah pandemi ini kita harus melakukan inovasi. Selain itu kita harus bersama-sama bangkit, dan bersinergi,” ujar Fidri.

Di samping itu, Fidri mengatakan perseroan pun UMKM pesantren memiliki potensi besar untuk tumbuh di tengah pandemi Covid-19 antara lain yang bergerak di sektor barang-barang pribadi yang berhubungan dengan kesehatan, pengolahan pangan, e-commerce, pertanian.

“Untuk itu, kami akan terus fokus mendukung upaya peningkatan skala usaha UMKM syariah guna mengakselerasi pengembangan ekonomi dan perbankan syariah demi kesejahteraan umat,” tutur Fidri.

Hingga tahun 2020 BRI Syariah telah membantu pelaku UMKM yang tergabung dalam komunitas seperti Bekraf, MUI, YBM BRI, pondok pesantren dan komunitas lainnya. Total penyaluran KUR BRI Syariah hingga bulan Mei 2020 mencapai Rp4,65 triliun yang disalurkan kepada 121.730 nasabah.

BRIS memproyeksikan dana pembiayaan KUR yang dapat disalurkan untuk sektor UMKM sampai akhir tahun ini mencapai Rp3 triliun, dengan potensi peningkatan jumlah nasabah hingga 56.000. Khusus bulan Januari hingga Mei 2020, BRI Syariah telah menyalurkan sekitar Rp2 triliun KUR, artinya telah memenuhi 66 persen dari target KUR tahun ini. (rah/bisnis)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *