Waspada Bangkrut…

Ust. Umar Faqihuddin spdi
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Waspada Bangkrut…

By Ust. Umar Faqihuddin spdi

Dan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihissalam kepada sahabat pernah bertanya :

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

أَتَدْرُونَ مَنِ الْمُفْلِسُ؟ قَالُوا: الْمُفْلِسُ فِينَا مَنْ لاَ دِرْهَمَ لَهُ وَلاَ مَتَاعَ. قَالَ: إِنَّ الْمَفْلِسَ مِنْ أُمَّتِي مَنْ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِصَلاَةٍ وَصِيَامٍ وَزَكَاةٍ وَيَأْتِي وَقَدْ شَتَمَ هَذَا، وَقَذَفَ هَذَا، وَأَكَلَ مَالَ هَذَا، وَسَفَكَ دَمَ هَذَا، وَضَرَبَ هَذَا، فَيُعْطَى هَذَا مِنْ حَسَنَاتِهِ وَهَذَا مِنْ حَسَنَاتِهِ، فَإِنْ فَنِيَتْ حَسَنَاتُهُ قَبْلَ أَنْ يُقْضَي مَا عَلَيْهِ أُخِذَ مِنْ خَطَايَاهُمْ فَطُرِحَتْ عَلَيْهِ ثُمَّ طَرِحَ فِي النَّارِ

“Tahukah kalian siapakah orang yang bangkrut itu?”

Para sahabat menjawab, “Orang yang bangkrut di tengah-tengah kita adalah orang yang tidak punya dirham (uang perak) dan tidak punya harta.”

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Orang yang bangkrut dari umatku adalah yang datang pada hari kiamat nanti dengan membawa amal shalat, puasa, dan zakat,”

Namun ia telah mencerca seseorang, menuduh orang (berzina), memakan harta orang, menumpahkan darah orang, dan memukul orang”.

“Orang ini diambil (amal) kebaikannya dan diberikan kebaikannya kepada yang didzalimi”.

*”Apabila amal kebaikannya habis, sebelum terbayar (semua) tanggungannya, dosa-dosa mereka (yang dizalimi) diambil, lalu ditimpakan kepadanya, kemudian dia dilemparkan ke dalam neraka.” *
(HR. Muslim)

Banyaknya amal yang tercipta. Tidak jaminan berjibun pahala. Jika kemudian tak waspada. Penyebab kebocoran pahala menjadi berkurang dan habis tak tersisa.

Bahkan masih ada tanggungan yang mesti di bayar tak disangka. Apa daya, kebaikan sudah ndak punya. Akhirnya menebus dengan menanggung dosa.

Akhir yang bukan hanya menyisakan kecewa. Tapi juga berujung siksa. Merasa bakal mengantongi banyak pahala. Ternyata lobang kantong menghabiskannya secara tak terduga.

Semoga kita selalu diberikan waspada. Semoga amal sepenuh lelah tenaga,rasa dan harta. Dengan pertolongan Allah terjaga.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *