Doni Primanto Joewono Terpilih Jadi Deputi Gubernur BI

Foto: Antara
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



JAKARTA, hajinews.id – Komisi XI DPR RI secara aklamasi memilih Doni Primanto Joewono sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI). Doni nantinya menggantikan Erwin Rijanto yang sudah mengakhiri masa jabatannya.

“Dipilih secara aklamasi, musyawarah, dan mufakat,” terang Anggota Komisi XI DPR RI Hendrawan Supratikno saat dihubungi kantor berita Antara di Jakarta, Senin (13/07/2020).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sebelum diangkat sebagai Deputi Gubernur BI, Doni adalah Direktur Eksekutif Kepala Departemen Sumber Daya Manusia BI. Dan dia telah mengikuti uji kepatutan dan kelayakan pada Rabu (8/7/2020) lalu.

Di depan anggota DPR, Doni menjanjikan akan mendorong optimalisasi industri manufaktur dan pariwisata sebagai salah satu strategi membangkitkan ekonomi RI setelah pandemi COVID-19.

Menurut dia, penguatan kedua sektor itu penting karena dapat berperan untuk meningkatkan surplus neraca transaksi berjalan.

“BI akan berperan aktif melakukan sinergi kebijakan dengan memusatkan perhatian ke sektor prioritas ini,” kata Doni saat menjalani uji kepatutan dan kelayakan di Komisi XI DPR RI.

Menurut dia, industri manufaktur akan diarahkan kepada usaha yang berorientasi ekspor dengan lebih banyak menggunakan kandungan lokal dan berbasis sumber daya alam.

Fokus dalam industri manufaktur itu di antaranya bergerak di sektor pertambangan, pertanian, perkebunan dan perikanan.

Untuk sektor pariwisata, Doni akan mendorong penguatan destinasi wisata utama seperti Bali dan Bintan, Kepri, mengingat pariwisata merupakan sumber pertumbuhan ekonomi baru.

Dengan keputusan yang diambil dalam rapat internal itu, maka Doni menyisihkan dua pesaing yang juga berasal dari internal BI, yaitu Juda Agung dan Aida S Budiman.(wh)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *