Saat Adzan Masih Berkumandang Bolehkah Kita Salat ?

bolehkah kita salat saat adzan
Foto : Unsplash
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Saat Adzan Masih Berkumandang Bolehkah Kita Salat ?

Saat kita sedang sibuk dengan tuntutan pekerjaan terkadang kita melaksanakan salat dengan terburu-buru. Bahkan, sebelum adzan selesai berkumandang kita langsung melaksanakan salat.

Namun, bolehkah melaksanakan salat ketika adzan masih berkumandang? Dalam hukum Islam dijelaskan masuknya waktu salat fardhu ditandai dengan dikumandangkannya adzan. Karena itu, jika ada yang melaksanakan salat ketika baru mendengar adzan hukumnya sah karena waktu salat telah tiba.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kendati demikian, umat Islam tetap dianjurkan melaksanakan salat setelah adzan selesai dikumandangkan. Apalagi, pada saat mendengar adzan disunahkan terlebih dahulu untuk menjawabnya, bukan langsung melaksanakan salat.

Hal ini sebagaimana telah disebutkan oleh Imam Nawawi dalam kitab al-Majmu ‘ala Syarh al-Muhazzab. Berikut penjelasannya:

“Al-Atsram berkata, ‘Saya pernah mendengar Abu Abdillah ditanya tentang seseorang yang langsung melaksanakan salat ketika mendengar adzan dan dia cepat-cepat rukuk. Maka dia (Abu Abdillah) menjawab; dianjurkan rukuknya setelah muadzin selesai adzan atau hampir selesai. Hal ini karena pernah dikatakan setan lari ketika mendengar adzan sehingga tidak layak cepat-cepat melaksanakan salat. Jika seseorang masuk masjid dan mendengar muadzin, maka disunnahkan menunggu muadzin hingga selesai adzan dan melafalkan seperti apa yang dikatakan muadzin agar bisa mendapatkan dua keutamaan. Jika tidak mengucapkan seperti apa yang diucapkan muadzin dan langsung mulai salat, maka tidak masalah. Ini ditegaskan oleh Imam Ahmad.’”

 

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *