Allahu Akbar, 30% Katolik Jerman Akan Tinggalkan Gereja

gereja kosong jemaat tinggalkan gereja
Gereja kosong
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



JAKARTA, Hajinews.id,- Sebuah survei yang dirilis Kamis (9/7/2020) menemukan bahwa 30% umat Katolik Jerman sedang mempertimbangkan untuk meninggalkan Gereja. Saat ini pun, banyak gereja mulai kosong, setidaknya jemaatnya berkurang.

Diberitakan catholicnewsagency.com (9/7/2020) menyebutkan jajak pendapat, yang dilakukan oleh lembaga penelitian INSA Consulere untuk surat kabar mingguan Katolik Die Tagespost, melaporkan bahwa hampir sepertiga responden setuju dengan pernyataan “Saya adalah anggota Gereja dan dapat membayangkan meninggalkan Gereja segera.”

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Para peneliti mengatakan pada 9 Juli bahwa 54% umat Katolik tidak setuju dengan pernyataan itu, 9% mengatakan mereka tidak tahu, dan 7% tidak menawarkan tanggapan, CNA Deutsch, mitra berita berbahasa Jerman CNA, melaporkan. Survei ini mengikuti rilis angka resmi bulan lalu yang menunjukkan bahwa sejumlah umat Katolik secara resmi meninggalkan Gereja di Jerman pada 2019.

Menurut statistik, 272.771 orang keluar dari Gereja Katolik tahun lalu, peningkatan yang signifikan pada angka 2018 dari 216.078. Beberapa dari mereka yang secara resmi meninggalkan Gereja Katolik di Jerman berusaha menghindari pembayaran pajak gereja negara.

Jika seseorang terdaftar sebagai Katolik, maka 8-9% dari pajak penghasilan mereka jatuh ke Gereja. Satu-satunya cara mereka dapat berhenti membayar pajak adalah dengan membuat deklarasi resmi yang melepaskan keanggotaan mereka.

Mereka kemudian tidak lagi diizinkan untuk menerima sakramen atau pemakaman Katolik. Para peneliti juga mewawancarai anggota Gereja Evangelis di Jerman (EKD), sebuah badan yang mewakili 20 kelompok Protestan termasuk Lutheran.

Mereka menemukan bahwa 26% dari mereka yang disurvei mempertimbangkan untuk pergi. EKD juga menerbitkan statistik resmi bulan lalu, menunjukkan bahwa keanggotaannya turun secara signifikan pada 2019, dari 21,14 juta pada 2018 menjadi 20,7 juta pada 2019, penurunan 440.000.

Gereja Katolik di Jerman telah memulai “Jalan Sinode” yang menyatukan umat awam dan uskup untuk membahas empat topik utama: cara kekuasaan dilaksanakan di Gereja; moralitas seksual; imamat; dan peran perempuan.

Para uskup Jerman awalnya mengatakan bahwa proses itu akan berakhir dengan serangkaian suara “mengikat” – meningkatkan kekhawatiran di Vatikan bahwa resolusi itu mungkin menantang pengajaran dan disiplin Gereja.

Pada Juni 2018, Paus Fransiskus mengirim surat setebal 28 halaman kepada umat Katolik Jerman yang mendesak mereka untuk fokus pada evangelisasi dalam menghadapi “erosi yang meningkat dan kemerosotan iman.”

Setelah bolak-balik antara konferensi para uskup dan para pejabat Vatikan, majelis sinode pertama diadakan di Frankfurt pada akhir Januari.

Pertemuan kedua, yang dijadwalkan untuk September, telah ditunda hingga Februari 2021 karena krisis coronavirus. Panitia telah memutuskan bahwa “Jalan Sinode” sekarang kemungkinan akan berakhir pada Februari 2022, daripada Oktober 2021, seperti yang direncanakan semula.

Para peneliti di INSA Consulere mewawancarai 2.040 orang dewasa untuk survei Tagespost pada 3-6 Juli.

(sumber: catholicnewsagency.com/fur).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *