Amalkan Doa Ini saat Hamil dan Melahirkan

Ilustrasi. Foto: getty images
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



HAJINEWS.ID – Ada banyak amalan dan doa yang bisa dilakukan suami saat istrinya mengandung hingga melahirkan. Tujuannya agar selama proses ini bisa lancar dan selamat. Amalan dan doa ini umumnya biasa diajarkan di sejumlah pesantren.

Yang pertama, seorang ibu hamil dianjurkan untuk membaca surah Al Fatihah sebanyak 7 kali sambil diusap-usapkan dan ditiup ke arah perut. Bisa juga melalui metode lainnya, yaitu menggunakan air putih.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kemudian, membaca Surah Al Hasyr sebanyak 7 kali. Sama seperti cara yang pertama, bisa dieluskan dan ditiupkan ke perut atau menggunakan air putih.

Ketiga, perbanyak membaca doa berikut ini agar calon bayi tetap sehat dan terjaga hingga dia lahir.

اللهم احْفَظْ وَلَدِي مَادَامَ فِى بَطْنِ زَوْجَتِي وَاشْفِهِ أَنْتَ الشَّافِى لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَآؤُكَ شِفَآءً لآيُغَادِرُ سَقَمًا اللهم صَوِّرْهُ فِي بَطْنِ زَوْحَتِي صُوْرَةً حَسَنَةً وَثَبِّتْ قَلْبَهُ إِيْمَانًا بِكَ وَبِرَسُوْلِكَ اللهم أَخْرِجْهُ مِنْ بَطْنِ زَوْجَتِي وَقْتَ وِلَادَتِهَا سَهْلًا وَتَسْلِيْمًا اللهم اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلًا وَعَاقِلًا حَاذِقًا عَالِمًا عَامِلًا اللهم طَوِّلْ عُمُرَهُ وَصَحِّحْ جَسَدَهُ وَحَسِّنْ خُلُقَهُ وَأَفْصِحْ لِسَانَهُ وَأَحْسِنْ صَوْتَهُ لِقِرَاءَةِ الْحَدِيْثِ وَالْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ بِبَرَكَةِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Allahummahfadz waladî mâ dâma fî bathni zaujatî wasyfihi anta asy-syâfi lâ syifâ`an illâ syifâuka syifâ`an lâ yughâdiru saqaman. Allahumma shawwirhu fî bathni zaujatî shûratan hasanatan watsabbit qolbahu îmânan bika wa bi-Rasûlika. Allahumma akhrijhu mim bathni zaujatî waqta wilâdatihâ sahlan wa taslîman. Allahumma ij’alhu shahîhan kâmilan wa ‘âqilan hâdziqan ‘âmilan. Allahumma thowwil ‘umrohu wa shahhih jasadahu wa hassin khuluqohu wa afshah lisânahu wa ahsin shautahu liqirooatil hadîtsi wal qur`ânil ‘adzîm bibarokati Muhammadin shallallâhu ‘alaihi wasallam. Walhamdulillâhi Robbil ‘âlamîn.

Artinya: “Ya Allah, jagalah anakku selama ia berada dalam perut istriku, sehatkan ia, sesungguhnya Engkau Yang Maha Menyehatkan, tak ada kesehatan kecuali kesehatan dari-Mu, kesehatan yang tak terganggu penyakit. Ya Allah, bentuk ia yang ada di perut istriku dalam rupa yang baik, tetapkan dalam hatinya keimanan pada-Mu kepada Rasul-Mu. Ya Allah, keluarkan dia dari perut istriku pada saat kelahirannya secara mudah dan selamat. Ya Allah, jadikan ia utuh, sempurna, berakal, cerdas, banyak beramal. Ya Allah, panjangkan umurnya, sehatkan jasadnya, baguskan rupanya, dan fasihkan lisannya untuk membaca hadits dan Alquran yang Agung, dengan berkah Nabi Muhammad SAW. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta Alam.”

Selain amalan di atas, ada juga lima surah yang diunggulkan agar bayi yang dilahirkan kelak menjadi anak yang cerdas.1. Surah Al Fatihah

Surah pembuka dalam Alquran ini merupakan surah dapat diamalkan oleh seorang ibu hamil, nantinya akan memiliki keutamaan sebagai penerang hati dan daya ingat yang kuat bagi bayi yang dikandung.

2. Surah Luqman

Surah Luqman di dalamnya diceritakan, bagaimana Luqman mendidik anaknya. Surah ini juga menjelaskan secara jelas bahwa anak adalah tanggung jawab orangtua dan harus dididik dengan benar.

3. Surah Maryam

Membaca atau memperdengarkan bayi surah Maryam, kelak ketika melahirkan akan dimudahkan. Hal didasarkan dari kisah Siti Maryam yang mengasingkan diri, dicerca masyarakat karena mengandung anak tanpa memiliki suami.

Namun atas izin dan perlindungan Allah ia pun melahirkan dengan mudah, seorang putra yang kemudian menjadi Nabi ke-24 yaitu Nabi Isa AS.

4. Surah Yusuf

Seperti diketahui, Nabi Yusuf adalah nabi yang memiliki rupa paling tampan di antara nabi lainnya. Banyak yang percaya jika membacakan surah Yusuf kepada bayi dalam kandungan, maka akan mendapatkan anak yang rupawan seperti wajah Nabi Yusuf. Bukan hanya rupanya saja, melainkan akhlaknya pun bisa seperti Nabi Yusuf.

5. Surah Yasin

Surah Yasin menjelaskan, bahwa jika ingin memiliki anak yang tenang hatinya dan jauh dari godaan setan, maka sangat disarankan untuk sering membaca surah Yasin ketika bayi masih di dalam kandungan.

(wh)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *