DMI: Sterilisasi Masjid Sebelum Salat Idul Adha

Jusuf Kalla, Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (dok)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



JAKARTA, hajinews.id – Ketua Umum Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla (JK) menyerukan pentingnya sterilisasi masjid sebelum menjadi tempat penyelenggaraan salat Idul Adha 1441 Hijriah sehingga terbebas dari potensi penularan COVID-19 di tempat ibadah.

“Sebelum salat Idul Adha masjid-masjid dibersihkan, disterilkan dengan disinfektan,” katanya dalam jumpa pers daring bersama Satgas Penanganan COVID-19, di Jakarta, Kamis (30/7/2020).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Pada Jumat (31/7), JK mengatakan umat Islam selain melaksanakan salat id juga akan menggelar Jumatan sehingga sterilisasi tersebut akan sangat bermanfaat bagi kesehatan jamaah.

Mantan Wakil Presiden itu mengatakan akan sangat baik jika sterilisasi dilakukan juga sebelum dan setelah salat Jumat sehingga dapat mencegah penularan COVID-19.

JK mengatakan Idul Adha atau hari raya kurban tidak akan terlepas dari nilai-nilai ajaran pengorbanan dalam Islam sebagaimana dicontohkan Nabi Ibrahim AS saat hendak menyembelih Nabi Ismail AS.

Nilai-nilai kurban, kata dia, harus menjadi pesan bahwa dalam hidup selalu ada pengorbanan dengan penuh rasa keikhlasan sehingga memberi faedah.

Adapun pengorbanan dalam konteks wabah COVID-19 adalah dengan dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan, termasuk saat pelaksanaan salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban.

“Besok harus disiplin, disiplin ada pengorbanan yang membuat kita tidak nyaman, tapi itu mutlak dilakukan di sekitar 800 masjid Indonesia yang sebagian besar melaksanakan salat id dan penyembelihan kurban maka perlu disiplin untuk mencegah bahaya yang lebih besar,” katanya.

“Jika tidak disiplin maka bisa fatal. COVID-19 itu intinya disiplin dan intervensi dengan sterilisasi rumah, bangunan, kantor serta seluruh sarana-sarana. Itu dua cara yang penting,” demikian Jusuf Kalla. (rah/ant)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *