Selain Puasa, Amalan Ini Sangat Dianjurkan di Hari Kamis

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



HAJINEWS.ID -Kamis termasuk hari istimewa dalam Islam dan dikenal sebagai hari diangkatnya amalan. Untuk itu, banyak sekali amalan sunah yang bisa dilakukan umat Islam untuk memupuk pahala.

“Hari Kamis menurut kalender Masehi terhitung dari jam 00 sampai jam 24. Tapi menurut Hijriyah sampai jam 17.00. Jadi jam 17.00 atau magrib sudah masuk hari Jumat (malam jumat) Sunah hari Kamis,” kata Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadist Indonesia, Ustaz Fauzan Amin mengatakan saat dihubungi Okezone beberapa waktu lalu.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Salah satu yang banyak dilakukan oleh umat Islam pada hari Kamis adalah puasa sunah sebagaimana pada hari Senin. Dua amalan ini sering dikerjakan Rasulullah.

“Ada hadisnya,” ujar Fauzan.

Rasulullah shalallahu alaihi wassalam bersabda:

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

Artinya: “Diperlihatkan amal-amal pada setiap hari Kamis dan Senin. Maka aku ingin amalku diperlihatkan saat aku berpuasa.” (HR. Tirmidzi; shahih lighairihi).

Fauzan menuturkan, selain puasa sunah pada waktu tersebut tepatnya Kamis malam yang bertepatan dengan malam Jumat, yakni terdapat sunah lainnya yakni membaca Alquran, terutama Surat Yasin, Al Kahfi.

Selain itu, membaca Surat Yassin pada Kamis malam atau malam Jumat sangatlah dianjurkan karena ada salah satu riwayat yang menyebutkan tentang hal tersebut.

Rasulullah shalallahu alaihi wassalam bersabda:

من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله

Artinya: “Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr).

Kemudian dalam riwayat lainnya juga menjelaskan tentang keutamaan membaca surat Yassin atau Al Kahfi pada Kamis malam, yaitu:

واعلم أن المتبادر إلى أكثر الأذهان أنه ليس المطلوب قراءته ليلة الجمعة ويومها إلا الكهف وعليه العمل في الزوايا والمدارس وليس كذلك فقد وردت أحاديث في قراءة غيرها يومها وليلتها ، منها ما رواه التيمي في الترغيب من قرأ سورة البقرة وآل عمران في ليلة الجمعة كان له من الأجر كما بين البيداء أي الأرض السابعة وعروبا أي السماء السابعة وهو غريب ضعيف جدا …الى أن قال…وخبر أبي داود عن الحبر من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله وفيه انقطاع

Artinya: “Ketahuilah bahwa yang terlintas di pikiran banyak orang, bahwa tidak ada bacaan yang dianjurkan di malam Jumat kecuali Surat al-Kahfi, membacanya sudah menjadi amaliah di beberapa surau dan madrasah. Anggapan demikian tidak benar. Sesungguhnya terdapat beberapa hadis tentang anjuran membaca surat selain al-Kahfi di malam dan hari Jumat. Di antaranya hadis riwayat al-Taimi dalam kitab al-Targhib, barangsiapa membaca surat al-Baqarah dan Ali Imran di malam Jumat, ia mendapat pahala sebesar sesuatu di antara bumi ketujuh dan langit ketujuh. Ini adalah hadis yang aneh dan sangat lemah. Dan hadis Imam Abu Daud dari al-Habr, barangsiapa membaca Surat Yasin di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya, di dalam hadis ini terdapat sanad yang terputus.” (Abdul Ra’uf al-Manawi, Faydl al-Qadir, juz 6, hal. 258).

(muslim.okezone)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *