Minta Garam

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Minta Garam

Oleh: Zahir al-Minangkabawi

Kita semua adalah hamba, siapa pun kita. Apa yang kita miliki pada hakikatnya adalah pinjaman, boleh pakai tidak untuk dimiliki. Rumah kita, meski tertulis atas nama kita pada sertifikat, tapi itu hanya hukum dunia saja, sejatinya itu pun hanya hak pakai. Nanti, rumah itu harus dipertanggung jawabkan. Halalnya dihisab dan haramnya di adzab.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sebagai seorang hamba, kita tak punya apa-apa. Kita miskin, lemah dan tak berdaya. Hidup kita sepenuhnya bergantung kepada Allah. Oleh sebab itulah inti dari ibadah adalah menunjukkan penghambaan serta kehinaan diri di hadapan Allah. Memperlihatkan kemiskinan serta rasa butuh kita kepada-Nya.

Sekarang pertanyaannya, sudahkah hal itu ada pada diri kita? Seberapa butuhkah kita kepada Allah? Rasulullah shallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

لِيَسْأَلْ أَحَدُكُمْ رَبَّهُ حَاجَتَهُ كُلَّهَا حَتَّى يَسْأَلَ شِسْعَ نَعْلِهِ إِذَا انْقَطَعَ

“Hendaklah setiap kalian meminta kepada Rabbnya semua kebutuhannya, sampai-sampai tali sandalnya yang putus.” (HR. Ibnu Hibban:894, Tirmidzi: 8/3604, dihasankan oleh Syaikh al-Albani dalam al-Misykah: 29).

Pernahkah kita meminta tali sandal kepada Allah? Jika kita membaca kisah hidup salafush shalih maka kita akan sangat malu. Bukan karena apa-apa, tapi karena mereka benar-benar menerapkan sabda itu dalam hidup mereka. Imam Ibnu Rajab rahimahullah menyebutkan:

وَ كَانَ بَعضُ السَّلَفِ يَسأَلُ اللَّهَ فِي صَلَاتِهِ كُلَّ حَوَائِجِهِ حَتَّى مِلحَ عَجِينِهِ وَ عَلَفَ شَاتِهِ

“Dahulu ada diantara salaf itu yang meminta kepada Allah (berdo’a) dalam shalatnya segala kebutuhan hidupnya sampai pun garam untuk adonan dan pakan kambingnya.” (Jami’ul ulum wal hikam: 302)

Subhanallah, begitu besarnya ketergantungan mereka kepada Allah. Pantas mereka menjadi orang-orang terbaik yang pernah hidup di muka bumi ini. Adapun kita sudahkah kita seperti itu; meminta segalanya kepada Allah subhanahu wata’ala. Pernahkah kita meminta “garam” dalam do’a shalat kita?!

Oleh sebab itu, mulai saat ini mari menanam dan memupuk rasa itu yaitu ketergantungan kepada Allah. Kita tunjukkan kehinaan, kefakiran dan kebutuhan kita kepada-Nya. Meminta segalanya, meski itu hanya tali sandal, makanan kambing ataupun minta garam.

Semoga bermanfaat.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *