Empat Keutamaan Salat Tahajud menurut Ustaz Adi Hidayat

Ustaz Adi Hidayat. Foto: Uloom Indonesia
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



HAJINEWS.ID – Salat tahajud adalah salat sunah yang paling istimewa. Salat ini  dikerjakan dua rakaat, dan waktunya pada waktu malam hari, tepatnya di sepertiga malam.

Salat tahajud memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi yang menjalankannya. Manfaatnya tidak hanya untuk di dunia, melainkan jadi tabungan di akhirat kelak.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Salat tahajud bisa dikerjakan kapan pun dalam kurun waktu setelah Isya sampai masuknya waktu Subuh. Waktu yang paling dianjurkan adalah sepertiga malam terakhir.

Ini adalah waktu mustajab untuk berdoa memohon kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Sebagaimana sabtu Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam:

أَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ قِيَامُ اللَّيْلِ

“Salat yang paling utama setelah salat fardhu adalah salat malam.” (HR An Nasa’i)

Salah satu keistimewaan Salat Tahajud adalah jika sudah berniat, tetapi tidak terbangun untuk melaksanakannya, maka masih tetap mendapat pahala Salat Tahajud yang luar biasa.

“Orang yang rajin tahajud akan mendapatkan empat keutamaan yang tidak didapatkan oleh orang-orang yang tidak tahajud, sekalipun salat fardhunya begitu khusyuk,” ujar Ustaz Adi Hidayat, dikutip dari akun Youtube Ceramah Pendek.

Menurut ustaz yang akrab disapa UAH itu, di antara keutamaan tersebut adalah:

1. Diangkat ke tempat terpuji

Allah Subhanahu wa ta’ala akan mengangkat karier pekerjaan atau aktivitas yang dilakukan ke tempat yang terbaik. Tempat yang terbaik bukan hanya puncak paling tinggi seperti direktur, tetapi tempat yang terbaik yang membuat hidup nyaman dan tenang.

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِۦ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰٓ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا

“Dan pada sebagian malam, lakukanlah Salat Tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (QS Al-Isra’: 79)

2. Dibimbing Allah

Allah Subhanahu wa ta’ala akan membimbing setiap kali tahajud sehingga menjalani awal pekerjaan atau aktivitas dengan mudah.

3. Diberi jalan keluar terbaik

Allah Subhanahu wa ta’ala akan memberikan jalan keluar terbaik dari persoalan yang dihadapi. Bukannya tidak diberikan ujian oleh Allah, namun sebelum diuji, Allah ringankan masalahnya sehingga mudah dilalui.

4. Langsung ditolong Allah

Allah Subhanahu wa ta’ala akan menolong langsung orang yang sholat tahajud ketika ada orang di sekitarnya yang akan menyakiti.

Masih menurut UAH, tidak hanya itu, Salat Tahajud merupakan kunci untuk masuk surga. Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ أَفْشُوا السَّلاَمَ وَأَطْعِمُوا الطَّعَامَ وَصِلُوا الأَرْحَامَ وَصَلُّوا بِاللَّيْلِ وَالنَّاسُ نِيَامٌ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ بِسَلاَمٍ

“Wahai manusia, sebarkanlah salam, berilah makan (orang-orang yang membutuhkan), sambungkanlah silaturahim, dan sholatlah pada malam hari ketika orang lain sedang tidur; niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR Ibnu Majah)

Dalam Surah Az Zariyat Ayat 15–18 telah dijelaskan bahwa, “Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam taman-taman (surga) dan mata air, mereka mengambil apa yang diberikan Tuhan kepada mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu (di dunia) adalah orang-orang yang berbuat baik, mereka sedikit sekali tidur pada waktu malam, dan pada akhir malam mereka memohon ampunan (kepada Allah).”

Wallahu a’lam bishawab.

(wh)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 Komentar