Koin Emas Peninggalan Abbasiyah Ditemukan di Israel Tengah

Peneliti menghitung uang koin. Foto: Reuters
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



HAJINEWS.IDSebuah tim arkeolog menemukan harta karun berupa koin emas di Kota Yavne, Israel tengah. Peneliti meyakini, koin berjumlah 425 keping itu adalah sisa peradaban Islam awal yang sebagian besar berasal dari periode Abbasiyah sekitar 1.100 tahun silam.

“Ini adalah penemuan sangat langka,” ucap kata arkeolog Israel Antiquities Authorities Liat Nadav-Ziv dan Elie Haddad di laman Euro News, Selasa (25/8).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Penggalian harta karun itu dilakukan sejumlah relawan muda selama beberapa hari terakhir. Selain koin emas, mereka juga menemukan ratusan kliping kecil dari koin emas yang akan berfungsi sebagai denominasi yang lebih kecil.

Robert Kool, seorang ahli koin dengan otoritas barang antik mengatakan, koin tersebut berasal dari akhir abad ke-9. Periode ini dianggap sebagai masa keemasan Kekhalifahan Abbasiyah yang menguasai sebagian besar wilayah timur dan Afrika Utara.

“Semoga studi tentang penimbunan akan memberi tahu kita lebih banyak tentang periode yang masih sangat sedikit kita ketahui,” kata Robert Kool.

Kota Yavne merupakan salah satu tempat penyimpanan koin kuno terbesar yang ditemukan di Israel. Pada 2015, penyelam amatir menemukan sekitar 2.000 koin emas di lepas pantai kota pelabuhan kuno Caesarea yang berasal dari periode Fatimiyah pada abad ke-10 dan ke-11. (wh)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *