Wajib Tahu, Ini 12 Rakaat Salat Sunah Rawatib yang Selalu Dikerjakan Rasulullah

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



HAJINEWS.ID – Di antara ibadah wajib terdapat amalan-amalan sunah. Salah satunya adalah salat sunah rawatib. Salat ini merupakan ibadah tambahan dari jenis ibadah yang serupa. Tujuannya untuk melengkapi kekurangan yang terdapat pada ibadah salat wajib yang dikerjakan.

Dijelaskan bahwa ibadah sunah di dalam ibadah salat yang paling utama adalah salat sunah rawatib. Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam selalu mengerjakannya dan tidak pernah sekalipun meninggalkannya dalam keadaan tidak bepergian jauh.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Mengutip dari Muslim.or.id, Senin (29/6/2020), salat sunah rawatib ada 12 rakaat:

– 4 rakaat sebelum Salat Zuhur dengan 2 salam.

– 2 rakaat setelah Salat Zuhur dengan sekali salam.

– 2 rakaat setelah Sholat Maghrib dengan 1 salam.

– 2 rakaat setelah Salat Isya dengan 1 salam.

– 2 rakaat sebelum Salat Subuh dengan 1 salam.

Diterangkan bahwa Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam selalu menjaga ke-12 rakaat salat sunah rawatib tersebut ketika sedang tidak bepergian. Beliau bersabda:

من صلى ثنتي عشرة ركعة تطوعا في اليوم والليلة ، بني له بهن بيت في الجنة

Artinya: “Barang siapa yang salat sunah 12 rakaat dalam sehari semalam, Allah akan bangunkan untuknya rumah di surge.” (HR Muslim Nomor 728)

Terdapat salah satu hadis yang menafsirkan 12 rakaat ini dengan salat sunah rawatib. Maka bagi kaum Muslimin yang selalu mengerjakannya akan dinaungi kebaikan yang besar.

Di dalam hadis tersebut juga dijanjikan akan dibangunkan sebuah rumah di surga bagi orang yang melaksanakan salat sunah rawatib 12 rakaat.

Masing-masing adalah 4 rakaat sebelum Zuhur dengan 2 salam; 2 rakaat setelah Zuhur dengan 1 salam; 2 rakaat setelah Maghrib dengan 1 salam; 2 rakaat setelah Isya dengan 1 salam; serta 2 rakaat sebelum Subuh dengan 1 salam. Ibadah ini disebut sholat sunah rawatib. (*)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *