4 Godaan Yang Bisa Merusak Ketaatan Kepada Allah

4 Godaan Yang Bisa Merusak Ketaatan Kepada Allah
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



4 Godaan Yang Bisa Merusak Ketaatan Kepada Allah,

Keempat godaan tersebut adalah:

  1. Dunia
  2. Manusia
  3. Syaitan, dan
  4. Hawa nafsu

Hamba Allah pasti menemui keempat godaan tersebut di jalan ibadahnya. Dan tidak ada jalan untuk selamat dari hadangan rintangan godaan tersebut kecuali penolakan keras dalam diri, dan segera menyingkirkan itu semua dari hadapannya. Jika ini tidak dilakukan, maka ia tidak akan mencapai keinginannya untuk beribadah.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Untuk bisa melalui tahapan berbahaya ini, seorang hamba memerlukan empat hal sebagai bekal, yaitu: melepaskan diri dari ikatan dunia, menyendiri dari kesibukan manusia lainnya, berperang melawan bisikkan syaitan, dan menaklukkan hawa nafsu.

Godaan hawa nafsu ini merupakan tahapan yang paling berat untuk ditaklukkan. Sebab, setiap manusia mempunyai kecenderungan untuk tidak bisa lepas dari perangkapnya. Nafsu itu merupakan sarana yang menyatu dalam kehidupan manusia, dan manusia tak mungkin hidup tanpa nafsu.

Jadi, mustahil bisa dihapuskan sama sekali. Ini berbeda dengan syaitan, yang bisa dikalahkan secara mutlak. Yang bisa kita lakukan adalah mengendalikan hawa nafsu tersebut. Sebab, nafsu tidak akan membawa kita pada kebajikan, dan justru menjauhkan kita dari Allah Ta’alaa.

Untuk bisa menaklukkannya, seorang hamba perlu membelenggu hawa nafsu itu dengan belenggu takwa, agar nafsu itu tetap setia kepada ketaatan. Jadi, nafsu itu tidak dimusnahkan sama sekali dan tidak pula diikuti keinginannya secara berlebihan.

Sehingga nafsu tersebut tidak padam hingga dapat dipergunakan untuk sarana mencapai tujuan kemaslahatan yang sesuai dengan petunjuk Allah سبحانه وتعالى. Ini adalah tahapan yang terus-menerus dihadapi seorang hamba selama hidupnya, dan untuk bisa melewatinya dengan selamat dibutuhkan pertolongan Allah Ta’alaa.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *