Ingin Dicintai oleh Allah SWT? Jadilah Orang yang Bertakwa Dengan Selalu Memaafkan Orang Bersalah

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



hajinews.id – Dicintai oleh Allah SWT adalah harapan semua orang muslim, karena dengan dicintai oleh Allah akan dijadikan hamba yang diutamakan oleh Allah.

Dikutip dari mantrasukabumi.com Salah satu hamba yang dicintai oleh Allah SWT adalah menjadi hamba yang bertakwa kepada Allah, adapun untuk pengertian takwa adalah orang yang takut kepada Allah dengan selalu menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sebagaimana dalam Alquran surah Ali Imaran ayat 102 adalah sebagaia berikut:

 

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِۦ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنتُم مُّسْلِمُونَ

 

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.”(Ali Imran: 102)

Dalam hal ini orang yang bertakwa itu adalah orang yang selalu takut dengan sebenar-benarnya kepada Allah SWT dengan selalu menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya.

Ciri-ciri orang takwa, sebagaimana dijelaskana dalam Alquran surah Ali Imran 134 yang berbunyi sebagai berikut:

 

ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ فِى ٱلسَّرَّآءِ وَٱلضَّرَّآءِ وَٱلْكَٰظِمِينَ ٱلْغَيْظَ وَٱلْعَافِينَ عَنِ ٱلنَّاسِ ۗ وَٱللَّهُ يُحِبُّ ٱلْمُحْسِنِينَ

 

Artinya: “Yaitu orang-orang yang menafkahkan hartanya, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan kesalahan orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.”(Ali Imran: 134)

Sebagaimana dari surat di atas dijelaskana bahwa ciri-ciri orang takwa itu ada tiga yaitu:

1. Orang yang menafkahkan hartanya, baik di waktu lapang maupun sempit. Orang takwa salah satunya yaitu orang yang selalu menafkahkan hartanya kepada siapa saja baik orang yang membutuhkan, miskin, fakir dan lainya.

Pemeberian ini tidak melihat kondisinya sendirinya baik saat ia senang dan saat ia susah ia selalu memberikan hartanya kepada yang memang pantas diberikan.

2. Orang yang menahan amarahnya.

orang takwa yaitu orang yang bisa menahan amarahnya baik dalam kondisi apapun, dia selalu dinging walaupun dalam keadaan marah, dia bisa menendalikan hawa nafsunya.

3. Selalu memaafkan kesalahan orang

  • Orang bertakwa yaitu orang yang selalu memaafkan siapa saja yang pernah menyakitinya dan menyinggunya. Semarah apapun dia akan memaafkanya, dan melupakan kesalahan orang tersebut.

(Dikutip dari berbagai sumber).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *