Pengurus IPHI Kota Mataram 2020-2025 Dikukuhkan

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Kota Mataram-NTB, Hajinews.id,- Pengurus Daerah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Mataram resmi dikukuhkan oleh Wakil Ketua I PW IPHI NTB Prof. Ir. H. Mansyur Ma’sum. Pengukuhan berlangsung di  Aula Pandopo Wali Kota Mataram Senin (5/10/2020).

Dalam sambutannya Mansyur Ma’sum mengatakan bahwa berdirinya Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia merupakan keinginan para haji untuk meningkatkan kesatuan dan persatuan bangsa, untuk meningkatkan ketakwaan serta amal nyata dalam upaya melestarikan kemabruran hajinya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ghiroh keagamaan masyarakat saat ini terlihat semakin meningkat, salah satu fenomenanya adalah semangat berhaji, daftar tunggu/waiting lish untuk berhaji saat ini semakin meningkat, sehingga mengakibatkan waktu tunggu menjadi semakin lebih panjang. Untuk itu diperlukan tata pengelolaan haji yang lebih baik, selain itu partisipasi masyarakatpun sangat diharapkan, dalam hal ini IPHI sangat diharapkan untuk mengambil peran positif demikian sambutan yang disampaikan oleh wakil ketua PW IPHI Provinsi NTB.

Pengukuhan IPHI Mataram
Pengukuhan IPHI Kota Mataram

Selanjutnya disampaikan bahwa Program kerja IPHI yang telah disepakati pada saat Musyawarah Wilayah IPHI di Mataram pada tanggal 29 Februari sd 1 Maret 2020 yang lalu adalah pemantapan keaganggotaan, organisasi dan kaderisasi.

Hal inilah yang akan dikonsolidasikan dengan seluruh Pengurus Daerah IPHI Kabupaten dan Kota se NTB. Dan telah dilaksanakan pengukuhan PD IPHI Kabupaten Lombok Tengah pada tanggal 20 Agustus 2020, PD IPHI Kabupaten Lombok Utara pada tanggal 26 Agustus 2020 dan pada tanggal 21 September 2020 telah dilaksanakan Pengukuhan PD IPHI Kabupaten Lombok Timur dan hari ini tanggal 5 Oktober 2020 kita laksanakan pengukuhan PD IPHI Kota Mataram.

Sebagai organisasi kebajikan, IPHI berkomitmen terhadap upaya meningkatkan keperdulian kepada usaha kesejahteraan masyarakat, seperti koperasi syariah/KOPERHAJI  yang telah dibentuk oleh PD IPHI Kota Mataram saat ini

Pada kesempatan yang sama Wali Kota Mataram sekaligus sebagai Ketua PD IPHI Kota Mataram dalam sambutannya menyampaikan bahwa organisasi ini adalah organisasi yang luar biasa, yaitu oraganisasi yang diikat dengan iman, yang diikat dengan semangat, kemabruran dan kita tidak memiliki alasan untuk tidak melaksanakan visi dan misi IPHI, yaitu untuk memperoleh haji yang mabrur.

Mempertahankan memabruran haji itu sangatlah sulit, pemeliharaan dan pelestarian terhadap nilai-nilai kemabruran haji secara terus menerus dan berkelanjutan sangatlah penting dalam upaya membentuk pribadi-pribadi muslim yang tangguh, mempunyai integritas dan komitmen yang tinggi untuk menjaga moralitas bangsa demikian Wali Kota Mataram menyampaikan pada sambutannya.

Selanjutnya Walikota Mataram menyampaikan secara historis cikal bakal terbentuknya pasukan yang berjuang, memperjuangkan NKRI, yang mengorbankan darah, nyawanya , harta dan bendanya adalah kita para haji, tentunya karena ridho dan karuniah Allah SWT.

PD IPHI Kota Mataram sejak tahun 2013 sampai tahun 2015 telah berhasil memperoleh reward secara berturu-turut, kategori keanggotaan, partisipasi IPHI Kota Mataran dalam hal lingkungan hidup dan aktif dalam pemberdayaan ekonomi kerakyatan.

Pelaksanaan pengukuhan PD IPHI Kota Mataram masa bhakti 2020-2025 ini dihadiri oleh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Kota Mataram, Sekda Kota Mataram, Para asisten, staf ahli, termasuk para camat se Kota Mataram dan dihadiri pula oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTB yang diwakili oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji Umrah. Hadir juga Plt. Kepala Kementerian Agama Kota Mataram dan beberapa anggota pengurus Wilayah Ikatan Persaudaraaan Haji Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Sebelumnya TGH. Husnan Ahmadi, selaku panitia pelaksana pengukuhan dalam laporannya menyampaikan bahwa Visi IPHI itu adalah terwujudnya haji mabrur sepanjang hayat, visi ini merupkan motivasi yang sangat besar. Demikian pula misi IPHI yaitu  menjaga dan melestarikan kemabruran haji dan memberdayakan potensi haji. Pengurus Daerah IPHI Kota Mataram telah memilki KOPER HAJI  dalam rangka inisiasi meningkatkan ekonomi kerakyatan khususnya Kota Mataram bekerjasama dengan BAZNAS Kota Mataram, program kerja berbasis masjid. (ida)

IPHI Mataram Dikukuhkan

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *