Mau Hidup Tenang dan Rezeki Lancar, Bangunlah Tidur Sebelum Subuh. Ini Penjelasannya.

Foto: netdoctor
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



HAJINEWS.ID – Anda penderita insomnia? Atau sudah baru tidur ketika azan Subuh bergema? Kabar baiknya, anda banyak temennya. Kabar buruknya, jaminan kesehatan anda jadi taruhannya. Yang jelas, tidur di atas jam 11 malam itu rugi besar. Kenapa? Karena dapat menggangu sistem kerja organ selain itu saat bangun tidur kepala juga terasa pusing.

Nah kali ini hajinews.id akan uraikan 5 manfaat bangun tidur sebelum subuh yang dikutip dari hipwee.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

1. Tubuh lebih bugar karena menghirup udara yang masih segar dan bersih di saat fajar

Udara sejuk yang masih segar dan bersih sangat baik untuk dihirup dan masuk dalam paru-paru. Saat fajar, kandungan gas O3 atau ozon masih sangat melimpah dan berkurang sedikit demi sedikit hingga habis ketika matahari terbenam pada sore hari.

Studi menunjukkan bahwa ozon dapat menghambat pertumbuhan virus, bakteri, protozoa, dan jamur. Ozon juga dapat menstimulasi metabolisme oksigen serta mengaktifkan sistem kekebalan tubuh. Ketika seseorang menghirup udara fajar maka akan merasakan kenikmatan dan kesegaran yang luar biasa.

2. Kinerja otak lebih efektif karena sirkulasi darah yang lancar sehingga bisa meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

Orang yang sering bangun lebih pagi dan menghirup udara segar akan lebih kecil kemungkinan terkena gejala pikun dibandingkan dengan orang yang bangun siang. Saat kita menghirup nafas panjang pada waktu subuh, kecepatan aliran darah yang kaya akan oksigen menuju otak akan bertambah. Sehingga otak akan lebih cepat bekerja atau merespon jika diajak untuk berpikir. Itulah kenapa, mempelajari sesuatu di waktu fajar akan lebih mudah dipahami dan dihafal ketimbang belajar sampai larut malam.

3. Kebiasaan bangun subuh mampu membuat kita menjadi lebih sehat, sejahtera, dan bijaksana

Selain bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental, bangun di jam-jam fajar dapat memberikan efek positif bagi kesehatan emosional. Pada waktu fajar, situasi masih sangat tenang dan nyaman sehingga kita akan lebih rileks saat mempersiapkan diri untuk menjalani aktivitas. Menemukan ketenangan di waktu-waktu ini juga membantu kita untuk merasa damai sepanjang hari. Bahkan beberapa psikolog pun menyatakan bahwa seseorang yang kerap terbangun di jam 3-5 pagi memiliki sikap yang lebih sopan dan bijaksana.

4. Bisa melakukan hal apa pun tanpa gangguan, sehingga produktivitas pun meningkat.

Di waktu-waktu yang masih tenang ini, anda bisa melakukan hal apa pun yang anda mau tanpa gangguan. Jika berolahraga masih terlalu pagi, tidak ada salahnya melakukan hobi, menyempatkan diri untuk membaca, atau anda bisa dengan tenang menyusun agenda kerja, termasuk menyelesaikan pekerjaan yang masih tertunda. Intinya, manfaatkan suasana yang sunyi dan tenang untuk kegiatan yang bermanfaat. Beberapa peneliti meyakini seseorang yang bangun pagi lebih awal dapat menetapkan keputusan dan tujuan hidupnya dengan tepat.

5. Terbiasa bangun lebih pagi akan menghindarkan anda dari kemalasan

Lelah dengan kondisi bangun badan pegal atau bangun tidur tangan kesemutan tiba-tiba? Bangunlah lebih pagi. Kesehatan jasmani dan kesegaran jiwa yang telah didapat saat bangun lebih pagi tentu membuat tubuh terasa lebih bugar, penuh semangat, dan dijauhkan dari bermalas-malasan. Melalaikan bangun pagi akan menimbulkan rasa malas dan nggak semangat dalam menjalani rutinitas sehari-hari.

Dengan membiasakan diri untuk menyegerakan bangun di pagi hari, selain menunjang tingkat keimanan menjadi lebih kuat, juga merupakan satu langkah awal dalam menjadikan hari-hari lebih berkah, penuh semangat, serta menyehatkan jiwa dan raga.

6. Bangun tidur sebelum subuh menjadi pintu terbukanya pintu rezeki. Ada hadisnya.

Disabdakan Rasulullah SAW sepulangnya dari salat Subuh di Masjid Nabawi, beliau mendapati putrinya, Fatimah, masih dalam kondisi tidur. Maka beliau beliau bersabda:

” Wahai anakku, bangunlah, saksikan rezeki Tuhan-mu dan janganlah kamu termasuk orang yang lalai. Karena Allah memberi rezeki kepada hamba-Nya antara terbit fajar dengan terbit matahari. ” ( H.R. Imam Ahmad Dan Al-Baihaqi).

Jika anda mengamati sekitar, banyak kalangan orang tua yang gemar atau sudah terbiasa bangun antara jam 3-5 pagi dan langsung beraktivitas. Mereka nggak pernah mengeluh, karena selain bisa menyelesaikan pekerjaan rumah, kebiasaan ini juga berdampak sangat positif bagi fisik, mental, dan emosional. Semoga kita bisa membiasakan diri untuk bangun lebih pagi, ya. (Diolah dari berbagai sumber)

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *