Tanda-tanda Sakit Ginjal, Kenali Sejak Dini Jangan Sampai Terlambat

Ilustrasi (Foto/net)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



HAJINEWS.ID – Penyakit ginjal bisa menyerang siapa saja, tanpa pandang usia dan jenis kelamin. Apabila tidak ditangani, penyakit ginjal kronis dapat berkembang menjadi gagal ginjal, sampai berujung fatal.

Sebelum masalah ginjal berujung fatal, biasanya beberapa orang mengalami gejala awal sakit ginjal yang kerap diabaikan. Yuk kita kenali ciri-ciri ginjal bermasalah yang hajinews.id kutip dari Bright Side, Sabtu (24/11/2018).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

1. Perubahan buang air kecil

Ginjal bertugas untuk memproduksi air kecil dan menghilangkan kotoran tersebut. Salah satu ciri khas gangguan ginjal adalah ketika seseorang buang air kecil lebih dari 10 kali salam sehari.

2. Darah dalam urine.

Ginjal sehat menyaring limbah/kotoran dari darah untuk menghasilkan air seni, tetapi jika filternya rusak maka sel-sel darah akan mulai “keluar” ke dalam urine.

3. Urine berbusa

Urine yang normal tidak berbusa, jika urine anda berbusa itu tandanya urine mengandung protein.

4.Tekanan darah tinggi

Sistem peredaran darah dan ginjal berhubungan satu sama lain.Ginjal memiliki nefron kecil yang menyaring kotoran dan cairan ekstra dari darah.Jika pembuluh darah rusak, nefron yang menyaring darah tidak menerima cukup oksigen dan nutrisi. Hal ini dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Tips: Tambahkan makanan yang kaya sam folat karena terlibat dalam produksi sel darah merah dan dapat membantu mencegah anemia.

5. Mata bengkak

Tanda awal bahwa sistem filter ginjal rusak adalah munculnya protein pada urin yang menyebabkan bengkak di sekitar mata.

4. Sakit punggung

Gagal ginjal dapat menyebabkan nyeri atau sakit punggung. Nyeri yang dirasakan dalam dan berada di bawah tulang rusuk.

5. Sesak napas

Sesak napas terjadi karena cairan ekstra dalam tubuh bergerak menuju paru-paru saat ginjal tidak berfungsi dengan baik. Selainitu, anemia menyebabkan tubuh kekurangan oksigen dan menjadi pemicu sesak napas.

Tips: Jika dalam melakukan kegiatan kemudian tubuh terus-menerus kehabisan napas, berhati-hatilah dan segera hubungi dokter.

6. Bengkak pada kaki dan tangan

Ginjal yang tidak berfungsi dengan baik tidaka akan mengeluarkan cairan ekstra dari tubuh. Hal ini dapat menyebabkan retensi natrium dan terjadilah pembengkakan pada pergelangan kaki, kaki, serta tangan.

Tips: Pembengkakan dapat dikurangi dengan meminum obat, mengurangi konsumsi garam, serta membuang kelebihan cairan pada tubuh.

7. Bau mulut dan rasa logam

Ketika kotoran/sampah menumpuk di dalam darah, hal ini dapat mengubah rasa dari makanan dan membuat mulut terasa logam. Bau mulut adalah tanda lain bahwa tubuh terlalu banyak racun dan kontaminasi di dalam aliran darah.

Tips: Ada berbagai alasan mengapa makanan dapat memiliki rasa metalik (dari alergi hingga kesehatan mulut yang buruk). Biasanya, rasa logam di mulut hilang jika penyebabnya telah diobati.Jika rasa terus muncul, segera hubungi dokter.

8. Kulit kering dan gatal

Ginjal sehat membuang kotoran dan cairan ekstra dari darah, membantu memproduksi sel darah merah, dan mempertahankan jumlah mineral yang tepat dalam tubuh. Gatal dan kulit kering menandakan kegagalan ginjal untuk menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi.

Tips: Jika kulit kering dan gatal, cobalah untuk tetap lebih terhidrasi. Ingat, sebelum minum obat apa saja untuk gatal, konsultasikan dengan dokter. Obat-obatan tertentu memiliki bahan-bahan yang berpotensi dapat merusak fungsi ginjal bahkan lebih.

9. Sakit kepala, lelah dan lemah

Ginjal yang sehat dan berfungsi dengan baik mengubah Vitamin D dalam tubuh kita untuk mempertahankan tulang yang kuat dan menghasilkan hormon yang disebut Erythropoietin (EPO). Hormon ini berperan penting dalam memproduksi sel darah merah. Ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik, maka PEO yang dihasilkan lebih sedikit.

Penurunan sel darah merah ( sel darah merah membawa oksigen) menghasilkan kelelahan yang cepat dari otot dan otak.

Tips: Orang dengan penyakit ginjal kronis umumnya mengalami anemia. Jika porsi istirahat dan tidur cukup, tetapi terus mengalami perasaan lelah, tingkat energi rendah dan kelemahan umum, segera hubungi dokter.

10. Sulit tidur

Ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik, maka racun tidak dapat keluar dari tubuh melalui urin dan tetap berada di dalam darah.Peningkatan kadar racun membuat tubuh kesulitan untuk tertidur. Itulah sebabnya mengapa kurang tidur dapat menyebabkan peningkatan kemungkinan penurunan fungsi ginjal.

Tips: Orang dengan Penyakit Ginjal Kronis lebih sering menderita sleep apnea. Sleep apnea adalah gangguan yang menyebabkan satu atau lebih jeda pada nafas saat tidur. Jeda ini dapat berlangsung beberapa detik hingga satu menit.Setelah jeda, napas normal kembali dengan dengkur keras.Segeralah pergi ke dokter ketika kamu selalu mendengkur secara terus menerus.

(Diolah dari berbagai sumber)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *