Bonsai Kelapa, Primadona Baru Yang Diburu Pecinta Tanaman

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

Aceh, Hajinews.id – Pemberlakuan anjuran untuk tetap di rumah yang berlaku merata di seluruh wilayah Indonesia, meningkatkan jumlah minat terhadap tanaman. Salah satunya bonsai kelapa.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Di daerah Gampong Ulee Madon, Kecamatan Muara Batu, Aceh, sejumlah orang pecinta tanaman bonsai kelapa menamakan diri sebagai Komunitas Meurunoe Bonsai (KMB), Komunitas ini menjadikan bonsai kelapa sebagai seni dan minat yang menyatukan anggota komunitas lainnya.

Bonsai sendiri merupakan metode pengkerdilan tanaman secara sengaja untuk membentuk karya tanaman hias dengan ukuran kecil daripada ukuran aslinya di alam pada umumnya.

Ketua komunitas, Tgk Salahuddin AB, yang juga menjabat Kepala Desa (Geuchik) setempat, seperti dikutip hajinews.id dari RRI, mengatakan aktifitas budidaya bonsai telah dilakukannya sejak dua tahun lalu.

“Budi daya bonsai buah kelapa ini idenya muncul disaat saya pulang dari kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) di Lembang, Bandung, Jawa Barat, kemudian saya ajarin masyarakat khususnya pemuda untuk budidaya Bonsai dari buah kelapa, dan telah berhasil membuat ratusan bentuk bonsai unik untuk dijadikan sebagai hiasan rumah,” ujar Salahuddin.

Menurut Salahuddin, bonsai kelapa kecil atau mungil ini mirip seperti pohon kelapa asli di alam dengan memiliki proses pembuatan hingga perawatan yang butuh kesabaran.

Proses pembuatan bonsai kelapa juga terbilang tidak terlalu sulit, hanya saja butuh kesabaran dan seni dalam mengolahnya.

Setiap tunas kelapa yang mau dijadikan bonsai terlebih dahulu dibersihkan sampai ke bagian batoknya dan menyisakan serabut.

Proses selanjutnya yakni memanfaatkan media tanam pot kecil dan batu karang selama satu bulan menunggu tumbuh akar dan kemudian baru dipindahkan ke pot. Bonsai kelapa yang telah berhasil dibentuk memiliki beragam jenis, di antaranya bentuk semut nungging, lepas angin, gurita, alien, original, dan semi original.

Keunikan bonsai kelapa dari bentuk daun sampai akar, semakin tua menjadi semakin unik. Sedangkan harga bonsai kelapa tersebut dijual mulai dari harga Rp150.000 hingga Rp3 juta per pohon, tergantung keunikan dan usia tuanya

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *