Karakter Muslim Sejati Menurut Al-Qur’an

Karakter Muslim Sejati Menurut Al-Qur'an
Al-Quran
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Karakter Muslim Sejati Menurut Al-Qur’an

Hajinews.id, Agama Islam agama yang sempurna. Umatnya juga dituntut untuk beragama secara sempurna. Kesempurnaan itu pula diminta oleh Islam dari sisi kemusliman seseorang. Dalam istilah populer, dinamakan dengan Muslim sejati.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dalam salah satu ayat Al-Qur’an Allah menggambarkan karakter Muslim yang sejati. Kita bisa membaca QS. Fushilat: 33, Allah SWT berfirman:

Dan siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah dan mengerjakan kebajikan dan berkata, “Sungguh, aku termasuk orang-orang muslim (yang berserah diri/Muslim)?”

Ayat tersebut mengkategorikan orang Muslim yang sejati yaitu memiliki beberapa kriteria. Pertama, ucapannya selalu baik (ahsanu qaula). Karakter Muslim sejati adalah mereka yang selalu bicara baik, dan menghindari berkata kotor atau yang menyakitkan.

Karakter kedua yang menjadi ciri Muslim sejati adalah mengajak kepada Allah (da’a ilallah). Seorang Mukmin yang sejati karakteristiknya selalu mengajak kepada kebaikan, beribadah, dan berbuat yang positif.

Dan karakter ketiga adalah perilakunya selalu salih (‘amila salihan). Orang Muslim yang Islamnya sejati, selain perkataannya baik dan selalu mengajak pada agama Allah, dia bertindak dengan kebaikan. Tak pernah berbuat amalan yang bertentangan dengan agama. Ia selalu beramal salih di manapun.

Bukti bahwa tiga hal di atas menjadi karakter seorang Muslim, itu dapat dilihat dari akhir ayat tersebut yang berbunyi “innani minal Muslimin; sungguh Aku benar-benar sebagai Muslim.” Penggunaan kata ‘inna; sungguh-sungguh’ memberi maksud kesejatian Muslim.

Sumber : Akurat

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 Komentar