Wisuda Sarjana Unwahas Memakai Sarung

unwahas wisuda sarjana baru
Wisudawan berkebutuhan khusus
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Semarang, Hajinews.id,– Upacara wisuda sarjana Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang, terasa unik. Tidak seperti biasanya, kemarin semua yang hadir dalam upacara wisuda memakai busana khas santri yaitu kain sarung. Rektor Unwahas, Prof Dr H Mahmutarom HR SH MH, Direktur Pascasarjana Prof Dr H Mudzakir Ali, Ketua Yayasan Wahid Hasyim Prof Dr H Noor Achmad MA, para pembantu rektor, dekan, wisudawan dan tidak terkecuali panitia, semuanya memakai sarung. Bahkan Kepala LLDIKTI wilayah VI Jawa Tengah Prof  Dr DYP Sugiharto MPd Kons dan Sekretaris Kopertais X Jawa Tengah Dr H Ruswan MA juga memakai sarung sebelum mamakai baju toga.

‘’Hari ini, kita semua termasuk Kepala LLDIKTI dan Sekretaris Kopertais memakai baju kebesaran santri yaitu sarung. Ini dalam rangka kita semua bersama-sama memperingati resolusi jihad hari santri,’’ kata Rektor Unwahas disambut tepuk tangan. Untuk mengurangi kerumunan orang, wisuda yang biasanya cukup beberapa jam, dipecah menjadi tiga hari berturut-turut bergantian setiap fakultas. Mereka tetap menjaga jarak, memakai masker dan faceshield.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

‘’Wisuda luring kali ini luar biasa, karena biasanya wisuda dilakukan dalam satu hari dari jam 08:00-12:00 selesai, sekarang dilakukan selama tiga hari dari jam 08:00-16:00 pada masa pandemi ini,’’ katanya.

Wakil Rektor Bidang Akademik Helmy Purwanto melaporkan, wisuda ke-33 Tahun 2020 Unwahas meluluskan 462 sarjana baru. Mereka terdiri satu orang Program Doktor, 53 orang Program Magister. Fakultas Ekonomi 78 Sarjana. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik         24 orang. Fakulas Teknik 57, Fakultas Pertanian 26, Fakultas Farmasi 56, Fakultas Hukum 37, Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan             51, Fakultas Agama Islam 48 dan Fakultas Kedokteran 31 orang.

‘’Jumlah lulusan Universitas Wahid Hasyim hingga wisuda ini sebanyak 14.165 orang yang terdiri dari 10.844 S1, 1.097 S2, 1 S3,744 Apoteker D2 & D3 dan 473 Program Akta IV dan sekarang bekerja atau berprofesi di bidang yaitu guru, dosen, PNS, apoteker, pengusaha, politisi dan lain-lain,’’ kata Helmy.

 

Beasiswa 50 Persen

KetuaYayasan Wahid Hasyim Prof Dr H Noor Achmad MA dalam pidatonya mengatakan, tahun depan izin S2 Fakultas Hukum turun. Maka mahasiswa baru S2 hukum akan mendapat beasiswa 50% biaya kuliah.

Sekretaris Kopertais X Jawa Tengah Dr H Ruswan MA mengatakan, saat ini kita sedang berkompetisi dalam bidang akidah. ‘’Kita harus berani mengakui atau menampilkan kalau diri kita adalah kader Nahdliyin (NU),’’ tegasnya. Memperjuangkan atau melanjutkan perjuangan para pendiri NU para syuhada dengan menampilkan diri  dan kompetensi yang baik serta berperilaku yang baik agar NU akan tetap lestari di bumi nusantara ini. ‘’Kami bersyukur karena Unwahas sudah bisa meluluskan S3 perdananya,’’ kata Ruswan.

Kepala LLDIKTI wilayah VI Jawa Tengah Prof Dr DYP Sugiharto MPd Kons mengatakan, hari santri adalah hari yang penuh berkah. Ada empat soft skill untuk wisudawan yaitu beradaptasi dengan cepat dan cerdas, percaya diri dan mantap ilmu yang diperoleh, berkolaborasi dengan ilmu dan orang lain dan mempunyai integritas yang baik (jujur dan peduli dengan orang lain). ‘’Jadilah orang yang sukses dan berkah ilmunya,’’ katanya. (agus)

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *