Amalan Ringan yang Membuat Panjang Umur

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Setiap orang menginginkan panjang umur dan hidup bahagia. Rasulullah SAW sendiri pernah mengatakan bahwa sebaik-baik umatnya adalah orang-orang yang berumur panjang dan dapat memberikan manfaat yang banyak di tengah masyarakat. Sebaliknya, seburuk-buruknya orang ialah mereka yang umurnya pendek dan tidak memberikan manfaat.

Dilansir dari akurat.co, Dr Muhammad Mahmud Abdullah dalam bukunya Asbab Thulil `Umr menyebutkan beberapa hal ringan yang bisa membuat umur seseorang menjadi panjang. Beberapa hal tersebut ialah sebagai berikut:

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

1. Beriman yang kokoh

Iman yang kokoh di sini adalah optimisme hidup. Orang yang memiliki optimisme hidup cenderung memiliki semangat hidup yang tinggi. Ia memandang masa depan secara lebih ceria, tidak cemas, dan selalu semangat.

2. Gemar berbuat baik

Berbuat baik bisa membuat seseorang berumur panjang. Berbuat baik dapat dilakukan dengan banyak hal sesuai dengan kemampuan masing-masing orang.

3. Silaturahim

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ، وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ، فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

“Barangsiapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan usianya, perpanjanglah silaturahim.” (HR Bukhari).

4. Zikir dan tasbih

Zikir merupakan bukti bersihnya hati. Seseorang yang langgeng membaca zikir ia akan selalu dinaungi oleh ampunan Allah SWT dan akan diberikan umur yang panjang.

Itulah amalan-amalan ringan yang bisa membuat seseorang akan berumur panjang. Kepada mereka yang melakukan amalan-amalan tersebut Allah SWT akan memberikan kehidupan yang panjang dalam bingkai keimanan dan kemanfaatan bagi banyak orang.

 

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *