Melihat Lebih Dekat Rumah Maulid, Tempat Kelahiran Nabi Muhammad

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idKelahiran Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam menjadi momentum paling berharga bagi umat Islam. Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam merupakan pemimpin yang sangat baik. Jejaknya pun diabadikan melaui sebuah bangunan yaitu disebut Rumah Maulid. Di sinilah Rasulullah dilahirkan dari ibundanya Aminah binti Wahab pada 12 Rabiul Awal Tahun Gajah atau sekira 571 Masehi.

Sebagaimana dikutip dari Okezone, bangunan rumah itu diketahui berukuran 10 x 18 meter. Sejarah mencatat, bangunan tersebut merupakan rumah kakeknya yaitu Abdul Muthalib. Lokasinya berada berjarak 200 meter dari pintu akses menuju Bukit Marwah di Masjidil Haram ke arah Terminal Syib Amir di sisi kanan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Bangunan tersebut berlokasi di Kampung Suuq Lail, Arab Saudi. Menariknya lagi, rumah Rasulullah ini menghadap langsung ke arah Ka’bah.

Mengapa bisa menghadap Ka’bah? Hal ini dikarenakan bangunan tersebut masih berada di kawasan Masjidil Haram, Kota Makkah. Tidak hanya itu, Rumah Maulid juga menghadap ke Safa Marwa dan Zam Zam Tower.

Masih dilansir dari Okezone, saat ini Rumah Maulid dialihfungsikan menjadi perpustakaan dan diberi nama Maktabah Makkah Mukarramah. Keputusan untuk memugar bangunan tersebut tidak lain karena alasan akidah, yakni untuk melindungi keyakinan umat Islam dari perbuatan syirik.

Selain itu, Pemerintah Arab Saudi tidak ingin bangunan itu kemudian dikeramatkan sehingga timbul kemusyrikan.

Di dalamnya juga tertulis beberapa larangan, salah satunya tidak boleh sholat menghadap bangunan itu, dilarang berdoa di depan Rumah Maulid, dan dilarang meratap di temboknya. (Sitha/diolah dari berbagai sumber)

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *