Tubuh Lelah Tapi Tak Bisa Tidur, Kira-kira Apa Penyebabnya?

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Rasa lelah biasanya memicu rasa kantuk dan mendorong diri agar tertidur. Tapi pada beberapa orang, badan terasa lelah saat malam hari justru membuat sulit tidur.

Apa ya penyebabnya? Menjawab pertanyaan ini, dikutip dari suara.com, Spesialis tidur W. Christopher Winter MD., menyampaikan, bisa jadi kondisi itu terjadi karena ada gangguan pada ritme sirkadian dalan tubuh.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ritme itu dipengaruhi dengan kondisi terang, gelap, dan jam biologis untuk mengatur suhu tubuh, metabolisme, hormon (termasuk melatonin), dan tidur.

Einter menyampaikan bahwa jam utama tubuh disebut inti suprachiasmatic (SCN). Terletak di otak, SCN mengontrol produksi melatonin. Hormon ini membantu pengaturan waktu tidur.

Siang hari saat di luar terang, kadar melatonin tetap rendah. Kemudian saat hari mulai gelap, tubuh akan memproduksi lebih banyak melatonin, level puncaknya antara jam 2 dan 4 pagi sebelum akhirnya turun lagi.

“Tubuh kita paling baik untuk tertidur sekitar 2 jam setelah kadar melatonin mulai meningkat,” kata winter dikutip ati Healthline.

Setiap orang memiliki ritme sirkadian sendiri, yang bersifat genetik. Jadi, tidak ada alasan seseorang perlu tidur pada waktu tertentu.

Jika Anda lelah tetapi tidak bisa tidur saat malam hari, itu bisa menjadi tanda gangguan fase tidur tertunda.Jika bukan itu, bisa jadi sesuatu yang lain atau kombinasi dari penyebab lain.

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar